Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Manfaat Menggunakan Software Retail Grosir untuk Efisiensi Bisnis

Picture of Anatha Ginting
Software Retail Grosir

Proses transaksi merupakan inti dari kegiatan berbisnis, terutama dalam industri retail dan grosir. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika setiap harinya bisa terjadi ratusan bahkan ribuan transaksi. Sebagai pebisnis, penting untuk bisa mengoptimalkan jumlah transaksi sehingga bisa memberikan pelayanan yang cepat. Dalam hal ini software retail grosir dapat menjadi solusi yang tepat.

 

Software retail grosir memberikan berbagai kemudahan bagi pengguna nya. Kemudahan yang sistem ini tawarkan baik dari mengoptimalkan keamanan data, meningkatkan hubungan dengan pelanggan, serta mengotomatiskan pembuatan laporan bisnis. Oleh karena itu, banyak toko retail dan grosir yang beralih menggunakan sistem ini. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait dengan software ini, simak artikel berikut.

 

Perbedaan Kegunaan Software Retail Grosir untuk Bisnis Retail dan Grosir

Software ini memiliki beberapa perbedaan ketika akan Anda gunakan untuk industri retail dan grosir. Salah satu perbedaan utamanya berada pada integrasi sistem untuk transaksi. Untuk industri grosir, biasa penjualan akan terjadi melalui pengiriman pesanan dalam jumlah banyak kepada pembeli. Oleh karena itu sistem untuk grosir harus terdapat fitur untuk menginput pesanan dalam jumlah besar agar transaksi penjualan bisa dilakukan secara otomatis.

 

Berbeda dengan industri grosir, dalam toko retail transaksi akan terjadi ketika pelanggan membeli produk secara satuan dalam toko. Oleh karena itu, sistem untuk retail lebih banyak akan berguna untuk transaksi penjualan dalam bentuk satuan, dan software butuh diintegrasikan dengan sistem akuntansi.

 

Keunggulan Software Retail Grosir

 

Software retail grosir

 

Memang sudah kita ketahui software ini memiliki banyak keuntungan untuk industri retail dan grosir. Untuk Anda yang ingin mengetahui keunggulan ketika menggunakan sistem ini, berikut beberapa keunggulan dari sistem retail grosir:

 

  • Menghemat waktu

Ketika akan melangsungkan pembayaran, kerap kita temukan antrian kasir yang panjang dan memakan waktu karena melakukan transaksi pembayaran dengan cara manual. Untuk itu dengan mengimplementasi sistem ini, pelayanan transaksi penjualan bisa Anda lakukan dengan cepat dan efisien. Tidak hanya itu, Anda bisa mengecek harga, deskripsi produk, dan ketersediaannya dengan menggunakan barcode yang terhubung dengan software POS untuk retail dan grosir. 

 

  • Software retail grosir akan mengefisiensikan manajemen persediaan barang

Kehabisan barang persediaan adalah satu hal yang harus Anda hindari ketika akan memulai bisnis. Jika barang yang akan Anda jual sedang habis dan tidak ada persediaannya, maka kemungkinan hal ini bisa menghambat proses penjualan. Dengan sistem retail grosir, seluruh status persediaan bisa Anda pantau, sehingga ketika persediaan mulai menipis, Anda langsung bisa melakukan pemesanan secara otomatis kepada supplier.

 

  • Penyesuaian penawaran produk

Ketika melakukan promosi produk, hal ini perusahaan lakukan tidak hanya untuk sekedar menurunkan harga, tetapi sebelumnya harus Anda lakukan riset yang benar untuk memastikan produk bisa terjual. Untuk memudahkan hal ini, software bisa melacak detail pelanggan termasuk produk yang sedang populer saat ini. Dengan informasi yang ada, Anda bisa membuat keputusan bisnis yang lebih bijaksana dalam menyesuaikan penawaran produk.

 

  • Software retail grosir bisa membuat laporan bisnis yang akurat dan real-time

Laporan bisnis penting untuk perusahaan miliki untuk melihat hasil penjualan dari periode sebelumnya. Hal ini perusahaan lakukan untuk membuat perencanaan kedepan yang akan membawa keuntungan lebih untuk bisnis yang sedang berlangsung. Sistem retail grosir bisa membuat laporan arus kas secara akurat dan real-time, sehingga perusahaan Anda bisa berkaca pada penjualan sebelumnya.

 

Dengan laporan yang ada, perusahaan kemudian bisa mengenali produk yang mana laku dalam pasar dan sedang masyarakat minati. Dengan melakukan analisa ini, Anda bisa membuat prioritas untuk pembelian atau menambah stok sehingga bisa meningkatkan omset penjualan. Setelah itu, perusahaan bisa membuat perencanaan terkait dengan pendapatan dalam bentuk statistik sehingga mudah untuk dibaca.

 

  • Manajemen karyawan yang lebih efisien

Dengan menggunakan software retail grosir, Anda bisa memantau penjualan yang sedang berlangsung di toko retail atau grosir Anda. dari data yang sudah terkumpul, Anda bisa melakukan analisis kekurangan yang perlu ditingkatkan oleh karyawan untuk meningkatkan profit penjualan. Selain itu, sistem ini memiliki kode identifikasi yang unik dan berguna untuk meminimalisir terjadi tindakan pencurian oleh staf yang ada.

 

  • Software retail grosir akan meminimalisir kesalahan

Tidak bisa kita pungkiri dengan sistem yang sudah terkomputerisasi, kemungkinan untuk terjadi kesalahan akan berkurang juga. Ketika ada perubahan harga produk, perubahan tersebut akan sistem berlakukan secara otomatis pada toko retail dan grosir Anda. tidak hanya itu sistem bisa mengetahui status persediaan barang, sehingga ketika barang sudah habis Anda akan langsung mendapatkan notifikasi. Dengan ini, seluruh proses bisnis bisa berlangsung dengan efektif.

 

Sistem yang Didukung oleh Software Retail Grosir

Mengintegrasikan sistem retail grosir dengan perangkat lainnya akan memberikan bisnis Anda layanan yang efektif dan cepat. Untuk bagian kasir, sistem bisa terhubung dengan perangkat seperti barcode, printer, dan mesin kasir. Tidak hanya itu, server bisa Anda sinkronkan dengan daily batch update, dimana toko harus menjaga server untuk mengelola jaringan data yang lebih baik.

 

Semakin lengkap sistem ERP yang akan Anda implementasikan, maka semakin mudah pengelolaan bisnis Anda. Selain itu, sistem bisa terhubung melalui tablet maupun ponsel untuk proses pengambilan dan mengirim data penjualan. Semua dukungan tersebut akan meningkatkan tingkat efisiensi pengelolaan retail dan grosir.

 

Pro dan Kontra dalam Menggunakan ERP Berbasis Cloud 

 

Software Retail Grosir

 

Ketika akan mengimplementasikan suatu sistem, tentu sistem akan memiliki pro dan kontra nya masing-masing. Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan berbagai aspek ketika menggunakan sistem ERP berbasis cloud. Berikut beberapa hal yang Anda harus pertimbangkan:

 

  • Harga dari sistem ERP berbasis cloud akan jauh lebih murah dari ERP konvensional.
  • Bisa mengatur mobile sistem retail grosir dengan mengimplementasi ERP berbasis cloud.
  • ERP basis cloud akan lebih mudah untuk Anda upgrade daripada ERP konvensional.
  • Meskipun penyimpanan data pada ERP konvensional lebih aman, ERP dengan basis cloud akan menghadirkan kemudahan dalam mengelola toko. Namun, jika terjadi kendala, vendor ERP berbasis cloud akan berdampak pada keseluruhan toko yang terintegrasi.
  • Upgrade dari ERP konvensional ke ERP basis cloud membutuhkan biaya yang cukup besar, terutama untuk bisnis retail yang besar.

 

Kesimpulan

Software retail grosir memang sangat dibutuhkan untuk industri retail dan grosir. Sistem ini berguna untuk mempercepat penjualan dan mengurangi waktu antrian di kasir, sehingga toko bisa memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi pelanggan. Selain itu, software ini memungkinkan Anda untuk bisa mengoptimalkan manajemen persediaan barang dan mencegah kehabisan stok persediaan.

 

Untuk itu, ketika Anda akan menggunakan software retail grosir untuk bisnis Anda, tentu perlu menggunakan sistem terbaik yang ada. Salah satu perangkat lunak yang bisa Anda gunakan yaitu Sistem Retail milik Total. Sistem ini berguna terutama untuk mengelola transaksi dan meningkatkan penjualan outlet toko Anda. Coba demo gratis sekarang!

 

Picture of Anatha Ginting

Anatha Ginting

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!