Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Manfaat Implementasi ERP untuk UKM di Indonesia

Picture of Vania
ERP untuk UKM

ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sebuah sistem manajemen bisnis yang terintegrasi untuk mengelola dan mengoptimalkan sumber daya perusahaan, seperti manajemen persediaan, keuangan, produksi, dan lainnya. Meskipun awalnya tercipta untuk perusahaan besar, namun saat ini ERP juga dapat digunakan oleh UKM (Usaha Kecil dan Menengah) untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis.

Dengan menggunakan ERP untuk UKM dapat mengintegrasikan proses bisnis dan data ke dalam satu sistem yang terpusat sehingga memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan akurat berdasarkan informasi real-time. Selain itu, sistem ini juga dapat membantu bisnis dalam mengurangi biaya operasional dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, penggunaan ERP dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi bisnis.

Daftar Isi

Lima Manfaat ERP untuk UKM

Penerapan sistem ERP pada UKM banyak memberikan manfaat, seperti dapat mengotomasi seluruh kegiatan yang mulanya terlaksana secara manual. Selain itu, sistem ini juga dapat membantu UKM dalam mengurangi biaya operasional dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Penggunaan ERP pada UKM juga dapat membantu dalam meningkatkan efisiensi bisnis, mengoptimalkan penggunaan sumber daya.

Aksesibilitas dan fleksibilitas ERP untuk UKM

Salah satu keuntungan utama dari penggunaan ERP untuk UKM adalah aksesibilitas dan fleksibilitas yang terkandung. Dalam era digital saat ini, banyak perusahaan menggunakan berbagai macam perangkat dan aplikasi untuk mengelola bisnis mereka, seringkali tidak terhubung satu sama lain. Namun, dengan penggunaan ERP, semua data dan informasi bisnis dapat terakses secara terpusat dan real-time.

Hal ini memungkinkan pemilik bisnis dan stafnya untuk mengakses informasi bisnis yang mereka butuhkan, kapan saja dan di mana saja, tanpa terikat oleh waktu dan tempat tertentu. Selain itu, ERP juga sangat fleksibel dan dapat user sesuaikan dengan kebutuhan bisnis, termasuk dalam hal modul ERP  yang digunakan, integrasi dengan sistem bisnis lain, dan kemampuan untuk menambah atau mengurangi fitur sesuai kebutuhan.

Data tersimpan dengan aman

Penggunaan ERP pada UKM berupa keamanan data yang tersimpan di dalam sistem. Data bisnis seperti informasi keuangan, persediaan, dan informasi pelanggan sangat penting dan kerap menjadi target peretas atau pencurian data. Namun, dengan menggunakan ERP, data bisnis UKM dapat tersimpan dengan aman dan terenkripsi di dalam sistem sehingga hanya dapat terakses oleh orang-orang yang memiliki hak akses tertentu.

Selain itu, ERP juga dapat mengatur dan membatasi akses terhadap data berdasarkan peran dan tanggung jawab pengguna. Oleh karena itu, sistem ini dapat mengurangi risiko kebocoran atau penggunaan data yang tidak sah. Dengan sistem pengamanan yang canggih, data yang tersimpan di dalam sistem menjadi lebih terlindungi dari ancaman peretasan atau pencurian data sehingga dapat memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap bisnis UKM.

Meminimalkan kesalahan laporan

Penerapan ERP pada UKM dapat membantu dalam meminimalkan kesalahan laporan yang sering terjadi akibat adanya proses manual yang rentan terhadap kesalahan manusia. Dengan adanya sistem otomatisasi pada ERP, data bisnis dapat tersimpan dengan akurat dan terstruktur dengan baik di dalam sistem.

Kemudian, ERP juga dapat menghindari kesalahan manual dalam penginputan dan pengolahan data bisnis. Hal ini membuat laporan keuangan, persediaan, dan lain-lain dapat selesai dengan lebih cepat dan akurat. ERP juga menyediakan fitur pengujian dan validasi data yang memastikan keakuratan data bisnis, sehingga mengurangi risiko kesalahan yang sering terjadi dalam proses manual.

Data transaksi tersusun dengan rapi

ERP dapat membantu UKM dalam menjaga data bisnis tersusun dengan rapi dan terstruktur dengan baik di dalam sistem. ERP menyediakan fitur pengorganisasian data bisnis yang memungkinkan bisnis untuk menyimpan data bisnis dengan format yang konsisten dan mudah dicari. Dalam jangka panjang, data yang tersusun dengan rapi di dalam sistem dapat membantu bisnis dalam meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas kerja.

Mudah dalam penambahan item

Penggunaan ERP pada UKM dapat memberikan manfaat dalam mudahnya proses penambahan item pada bisnis. Dalam menjalankan bisnis, seringkali UKM membutuhkan perubahan atau penambahan item baru seperti produk, bahan baku, atau jasa yang mereka sediakan. Dengan menggunakan ERP, bisnis dapat dengan mudah menambahkan item baru ke dalam sistem sehingga tidak perlu memerlukan waktu yang banyak.

Tips Memilih ERP untuk UKM

Memilih ERP yang tepat untuk dapat menjadi tantangan yang besar, mengingat banyaknya pilihan sistem yang tersedia di pasaran. Namun, dengan mempertimbangkan beberapa tips dalam memilih sistem, perusahaan dapat menemukan solusi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka. UKM harus memilih ERP yang mudah terakses dan dipahami oleh seluruh karyawan.

Kemudian, perusahaan harus mempertimbangkan fitur-fitur yang mereka perlukan, seperti manajemen stok, pembelian, penjualan, produksi, dan akuntansi. ERP yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan bisnis akan membantu UKM dalam mengoptimalkan operasional bisnis dan mengurangi biaya. UKM harus memilih sistem yang mudah diintegrasikan dengan sistem yang sudah ada, seperti mesin kasir, website, atau aplikasi lainnya. 

Rekomendasi ERP untuk UKM

Rekomendasi ERP untuk usaha kecil dan menengah penting bagi para pengusaha yang ingin meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas kerja bisnis mereka. Dengan memilih ERP yang tepat, UKM dapat mengoptimalkan manajemen bisnis, mulai dari manajemen stok, pembelian, penjualan, produksi, hingga akuntansi. Berikut rekomendasi penyedia layanan ERP bagi bisnis.

Total ERP

ERP untuk UKM

Sistem ERP dari Total ERP adalah salah satu solusi yang dapat berguna bagi bisnis. Hal ini berguna dalam meningkatkan efisiensi operasional dan manajemen bisnis secara keseluruhan. Total ERP menawarkan solusi yang lengkap dan terintegrasi untuk manajemen stok. Kemudian juga mencakup pembelian, penjualan, produksi, dan akuntansi sehingga bisnis dapat mengelola bisnis mereka dengan lebih efektif. 

Software ERP dari Total ERP juga mudah diimplementasikan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis UKM sehingga dapat memberikan solusi yang tepat dan optimal. Selain itu, Total ERP juga menawarkan fitur-fitur tambahan, seperti manajemen gudang, manajemen proyek, dan manajemen kualitas sehingga UKM dapat memantau bisnis mereka secara lebih holistik dan efisien. Total ERP juga dapat diakses secara real-time.

EQUIP

Penyedia layanan ERP EQUIP menawarkan solusi yang terintegrasi untuk manajemen bisnis, mulai dari manajemen stok, pembelian, penjualan, produksi, hingga akuntansi. Dengan menggunakan EQUIP, perusahaan dapat mengelola bisnis mereka dengan lebih efektif, mengoptimalkan proses operasional, dan meningkatkan efisiensi kerja.

Odoo menawarkan solusi terintegrasi untuk manajemen stok, pembelian, penjualan, produksi, dan akuntansi, sehingga bisnis dapat mengelola bisnis mereka dengan lebih efektif. Odoo juga tersedia dengan fitur-fitur tambahan, seperti manajemen proyek, manajemen karyawan, manajemen pelanggan. Kemudian dapat mencakup manajemen pemasaran, dan manajemen produksi, sehingga UKM dapat mengelola bisnis mereka secara holistik dan terintegrasi.

Dolibarr

Dolibarr menawarkan sistem ERP  antarmuka yang mudah terakses dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis UKM sehingga UKM dapat mengelola bisnis mereka dengan lebih efektif dan efisien. Dalam hal keamanan, Dolibarr memiliki sistem keamanan yang canggih dan dapat berguna sehingga data bisnis UKM aman dan terlindungi dari ancaman keamanan cyber.

Cara Menerapkan ERP untuk UKM

Menerapkan ERP pada UKM dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis. Namun, penerapan ERP memerlukan persiapan yang matang dan perencanaan yang baik agar dapat terimplementasikan dengan sukses. Beberapa langkah yang dapat bisnis lakukan untuk menerapkan sistem pada UKM adalah dengan cara  melakukan evaluasi terhadap sistem bisnis yang sudah ada. Kemudian, tentukan tujuan dan sasaran yang ingin tercapai. 

Setelah itu, pilihlah sistem yang sesuai dengan kebutuhan bisnis UKM dan pastikan bahwa sistem tersebut dapat terintegrasi dengan aplikasi dan sistem bisnis yang sudah ada. Kemudian, pilihlah tim yang akan bertanggung jawab dalam penerapan ERP. Selain itu, pastikan bahwa mereka memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup dalam menggunakan ERP tersebut. 

Kesimpulan

Penerapan ERP pada UKM memiliki banyak manfaat dan potensi untuk membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis. Dengan sistem yang terintegrasi dan terpusat, UKM dapat mengelola informasi secara lebih efektif dan efisien. Kemudian sistem juga dapat mengoptimalkan proses bisnis, serta mempercepat pengambilan keputusan. Oleh karena itu, pengaplikasian sistem untuk UKM merupakan solusi yang tepat pada saat ini.

Total merupakan penyedia layanan ERP yang sangat tepat bagi pelaku UKM khususnya. Dengan memiliki paket modul yang lengkap dan sudah terintegrasi dengan aplikasi lain, dapat memaksimalkan kegiatan bisnis Anda. Kemudian, Anda juga dapat mencoba demo gratis untuk mengetahui software dari Total ERP terlebih dahulu.

Picture of Vania

Vania

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!