Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Shopify Inventory Management: Kelebihan dan Kelemahan

Picture of Marshana Vanina
Shopify Inventory Management:

Shopify inventory management adalah solusi yang kuat untuk mengoptimalkan pengelolaan persediaan sebuah perusahaan. Dengan menggunakan platform Shopify inventory management system, sistem ini memungkinkan perusahaan untuk memantau persediaan secara real-time, mengelola varian produk, dan menghindari kehabisan stok. 

Dengan fitur-fitur seperti sinkronisasi multi-channel, pemesanan otomatis, dan analisis persediaan yang canggih, + shopify stock management app membantu perusahaan mengoptimalkan operasional, meningkatkan efisiensi, dan memberikan pengalaman pembelian yang lebih baik kepada pelanggan. Selain itu, kemampuan fleksibel dan skalabilitas yang ada, sistem ini dapat sesuai dengan kebutuhan bisnis hingga bisnis yang berkembang pesat.

Kelebihan Shopify Inventory Management untuk Bisnis 

Dengan menggunakan Shopify Inventory Management, perusahaan dapat mengoptimalkan pengelolaan persediaan mereka, mengurangi risiko kekurangan stok atau penimbunan yang berlebihan, meningkatkan efisiensi operasional, dan memberikan layanan pelanggan yang lebih baik. Kelebihan-kelebihan ini akan terkupas lebih rinci dalam konteks Shopify Inventory Management untuk bisnis Anda.

Manajemen stok yang fleksibel pada shopify inventory management

Shopify inventory management adalah solusi yang memadai untuk mengelola stok dengan fleksibilitas tinggi. Dengan alat yang tersedia, Anda memiliki kontrol penuh atas pengaturan stok produk perusahaan. Salah satu fitur yang sangat berguna adalah kemampuan untuk mengatur varian produk. Misalnya, jika Anda menjual pakaian dengan berbagai ukuran dan warna, Anda dapat dengan mudah mengelompokkan varian tersebut dalam satu produk. 

Selain itu, software shopify inventory  juga memungkinkan Anda mengelompokkan item secara logis. Misalnya, jika Anda menjual produk dalam kategori berbeda, seperti elektronik, pakaian, Anda dapat mengelompokkan produk dalam kategori yang relevan. Dengan mengelompokkan item seperti ini, Anda dapat dengan mudah melihat dan mengelola stok secara lebih efisien, mengidentifikasi kategori restock lebih cepat, atau melacak performa penjualan sesuai  kategori.

Pemisahan stok untuk platform penjualan

Shopify Inventory Management

Jika Anda menjual produk melalui berbagai kanal, seperti toko online, atau toko fisik, Shopify Inventory Management adalah solusi yang berguna. Sistem ini memungkinkan Anda untuk memisahkan stok untuk setiap kanal penjualan yang Anda gunakan. Dengan adanya fitur ini, Anda dapat dengan mudah mengatur persediaan yang terpisah untuk setiap kanal penjualan.

Misalnya, jika Anda memiliki toko online di platform Shopify, dan juga berjualan melalui pasar online seperti Amazon atau eBay. Anda dapat mengelola persediaan untuk masing-masing kanal secara terpisah. Hal ini sangat penting karena setiap kanal penjualan mungkin memiliki permintaan yang berbeda-beda dan memerlukan persediaan yang terpisah. Dengan aolikasi shopify inventory, Anda dapat dengan mudah mengelompokkan stok produk yang tersedia untuk toko online Anda secara terpisah. 

Laporan dan analitik persediaan

Dalam Shopify Inventory Management, Anda dapat mengakses laporan penjualan produk yang meliputi informasi tentang jumlah produk yang terjual, pendapatan yang terakumulasi, dan tren penjualan dari waktu ke waktu. Laporan ini memberikan gambaran yang jelas tentang produk mana yang paling laris oleh pelanggan Anda, serta tren penjualan yang perlu terupdate. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk mengoptimalkan strategi penjualan Anda, dan mengidentifikasi produk-produk yang kurang terminati.

Selain laporan penjualan, Shopify Inventory software juga menyediakan laporan keuntungan yang memberikan informasi tentang margin keuntungan Anda pada setiap produk. Anda dapat melihat pendapatan terkait dengan setiap transaksi penjualan, sehingga Anda dapat mengevaluasi keuntungan bersih yang terperoleh dari setiap produk.

Kelemahan Shopify Inventory Management Untuk Bisnis 

Sebelum kita memasuki pembahasan tentang kelemahan untuk bisnis, perlu diingat bahwa dalam setiap solusi, tidak ada yang benar-benar sempurna. Setiap sistem memiliki batasan dan tantangan yang perlu diperhatikan. Meskipun Shopify Inventory Management menawarkan fitur yang kuat, ada beberapa aspek kelemahan mungkin perlu diperhatikan dalam konteks pengelolaan persediaan Anda.

Biaya tambahan untuk fitur dan aplikasi tambahan

Shopify Inventory Management

Salah satu kelemahan yang mungkin terkait dengan Shopify Inventory Management adalah kompleksitas yang dapat timbul saat mengatur pengaturan dan konfigurasi awal sistem. Mengingat banyaknya fitur dan opsi yang tersedia, pengaturan awal mungkin membutuhkan waktu dan pemahaman yang cukup untuk memastikan bahwa sistem terkonfigurasi dengan benar sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Jika tidak diatur dengan baik, ini dapat menyebabkan kesalahan dalam pengelolaan persediaan Anda.

Selain itu, dalam beberapa kasus, biaya yang terkait dengan penggunaan Shopify Inventory Management mungkin menjadi kelemahan bagi beberapa bisnis. Meskipun ada berbagai paket harga yang ada pada Shopify, biaya berlangganan bulanan dan biaya tambahan untuk fitur-fitur khusus mungkin dapat mempengaruhi anggaran bisnis Anda, terutama jika Anda adalah bisnis kecil dengan sumber daya yang terbatas.

Kurangnya fungsi pemenuhan pesanan lanjutan

Jika bisnis Anda mengoperasikan model pemenuhan pesanan yang rumit, seperti dropshipping atau pemenuhan pesanan melalui pusat distribusi, mungkin perlu mempertimbangkan penggunaan aplikasi pihak ketiga atau solusi pengelolaan persediaan yang lebih kuat. Shopify Inventory Management memiliki batasan dalam hal kemampuan untuk mengotomatiskan pemenuhan pesanan yang melibatkan banyak langkah, seperti pemrosesan pesanan, pengaturan pengiriman, dan pemantauan status pengiriman akurat.

Dalam beberapa kasus, bisnis yang mengandalkan pemenuhan pesanan yang rumit mungkin memerlukan integrasi dengan sistem lain, seperti sistem manajemen inventory (WMS) atau sistem manajemen pesanan (OMS), untuk memastikan efisiensi dan akurasi dalam proses pemenuhan pesanan. software shopify persediaan mungkin tidak memberikan dukungan yang memadai untuk integrasi, dan solusi lebih kuat aplikasi pihak ketiga mungkin diperlukan.

Skalabilitas terbatas untuk bisnis yang sangat besar

Bisnis dengan skala yang sangat besar seringkali memiliki kebutuhan yang lebih kompleks dalam pengelolaan persediaan. Mereka mungkin memiliki ribuan SKU (Unit Penyimpanan Persediaan) yang perlu terlacak dan terkelola dengan presisi yang tinggi. Di sinilah beberapa kelemahan dari Shopify Inventory Management mungkin menjadi lebih terlihat. Meskipun Shopify dapat mengelola persediaan dalam jumlah yang besar, dalam skala besar, sistem ini mungkin mengalami keterbatasan dalam kinerja responsivitas.

Dalam kasus volume pesanan yang sangat tinggi, Shopify Inventory Management mungkin menghadapi hambatan dalam hal pemrosesan pesanan secara efisien. Software inventory  mungkin tidak tersistem untuk menangani beban kerja yang sangat tinggi dengan kecepatan yang optimal. Jika bisnis Anda menghadapi ribuan pesanan per hari atau memiliki perputaran persediaan yang sangat cepat, mungkin akan lebih baik mempertimbangkan solusi pengelolaan persediaan yang lebih canggih dan terkostum.

Perbandingan Shopify Inventory Management untuk Bisnis dengan Software Milik Total ERP

Shopify Inventory Management

Shopify Inventory Management dan Total ERP adalah dua solusi perangkat lunak yang berbeda untuk mengelola persediaan dalam bisnis. Shopify Inventory Management lebih cocok untuk bisnis e-commerce dengan skala menengah hingga besar yang fokus pada penjualan produk melalui berbagai kanal. Fitur Shopify meliputi pengaturan varian produk, pengelompokan item, dan pengaturan tingkat stok minimum/maksimum. Namun, solusi ini terbatas pada aspek pengelolaan persediaan yang terkait dengan e-commerce

Selain itu, Total ERP berguna untuk bisnis yang lebih besar dan kompleks dengan operasi lintas departemen. Selain pengelolaan persediaan, Total ERP juga mencakup modul akuntansi, sumber daya manusia, produksi, dan manajemen rantai pasokan. Ini membuat Total ERP lebih cocok untuk bisnis dengan rantai pasokan yang luas dan operasi internasional. Total ERP juga menawarkan fitur yang lebih komprehensif, termasuk manajemen pengiriman, peramalan stok, dan manajemen gudang. 

Selain itu, Total ERP dapat lebih sesuai dengan kebutuhan bisnis melalui pengembangan kustom atau konfigurasi ulang modul. Jadi, pemilihan antara kedua solusi ini tergantung pada skala, fokus bisnis, dan tingkat kompleksitas operasional yang Anda miliki jadi perusahaan bisa memilih solusi seusai kebutuhan mendatang.

Kesimpulan 

Penting untuk melakukan penelitian mendalam, mempertimbangkan kebutuhan bisnis dengan hati-hati, dan melakukan evaluasi menyeluruh sebelum memutuskan untuk menerapkan Shopify. Dengan pendekatan yang tepat dan integrasi yang baik, Shopify dapat menjadi alat yang sangat berguna dalam mengelola persediaan dan mendorong pertumbuhan bisnis.

Jika perusahaan memiliki kebutuhan yang lebih kompleks, skala bisnis yang besar, dan membutuhkan solusi pengelolaan persediaan yang lebih sesuai, Total ERP dapat menjadi pilihan yang lebih cocok daripada Shopify. Total ERP menyediakan modul pengelolaan persediaan yang komprehensif, bersama dengan fitur-fitur tambahan seperti manajemen pengiriman, peramalan stok, dan manajemen gudang. Sistem ini juga dapat diintegrasikan dengan modul lain dalam Total ERP, maka dari itu jangan ragu untuk coba demo gratisnya!

Picture of Marshana Vanina

Marshana Vanina

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!