Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

5 Rekomendasi Alternatif Sistem SAP Inventory Management Terbaik untuk Bisnis Anda!

Picture of Marshana Vanina
SAP Inventory Management

SAP (System Application and Product in data Processing) adalah bagian dari perangkat lunak ERP. Meskipun begitu, SAP seringkali terikat dengan perusahaan seperti ritel dan manufaktur. Di tengah kompleksitas tuntutan bisnis saat ini, cara kerja yang manual tidak lagi memadai. Maka dari itu, untuk mencapai efisiensi operasional bisnis yang optimal perusahaan manufaktur perlu memanfaatkan SAP inventory management.

Kehadiran SAP seperti inventory management system memiliki kegunaan untuk memberikan solusi yang baik bagi para pelaku bisnis. Dengan menggunakan sistem yang terdapat dalam software ini, operasional bisnis yang rumit dapat disederhanakan. Namun, sangat penting untuk mempertimbangkan software yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Jika, Anda ingin meningkatkan keberhasilan bisnis Anda, memilih software inventory management merupakan langkah yang tepat.

Kendala pada SAP Inventory Management 

Software ERP SAP inventory management merupakan sebuah perangkat lunak yang populer di kalangan perusahaan. Sistem ini berguna untuk mengelola persediaan dengan efektif dan efisien. Namun, perangkat lunak ini juga memiliki beberapa kendala yang perlu diperhatikan. Beberapa masalah yang sering muncul meliputi biaya inventory management SAP yang relatif tinggi, serta ketergantungan pada vendor. 

Tidak hanya itu, SAP manajemen inventaris juga butuh training khusus, integrasi yang buruk dan juga memerlukan infrastruktur IT yang kuat. Sebelum mengadopsi SAP manajemen inventaris, perusahaan harus secara hati-hati mengevaluasi dengan matang. Salah satunya dengan menentukan apakah manfaat yang software berikan tersebut lebih berharga daripada biaya dan usaha yang perusahaan perlukan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut.

Kegunaan SAP Inventory Management 

SAP inventory management system adalah sebuah software yang sangat bermanfaat bagi perusahaan dalam mengelola persediaan dengan efektif. Dengan menggunakan SAP manajemen inventaris memberikan data yang transparan, membuat bisnis semakin berkualitas dan sebagainya. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak artikel berikut ini:

1. Memberikan data yang transparan

Manfaat utama yang pertama adalah menyediakan data yang transparan. Dengan memanfaatkan software dan sistem yang modern, karyawan perusahaan Anda dapat dengan mudah mengakses sistem dan informasi yang mendukung data perusahaan. Selain, membuat data terlihat transparan, keuntungan lainnya adalah penyampaian informasi lebih cepat.

2. Meminimalisir human-error

Kualitas bisnis dapat terpengaruh oleh kesalahan human-error dan redundansi data. Untuk mengatasi hal ini, penggunaan sistem terintegrasi seperti SAP sangat penting. Selain itu, SAP berguna untuk mengotomatisasi yang terhubung dengan data lainnya. Dengan mengintegrasikan bisnis menggunakan SAP, performa bisnis dapat teroptimalkan. 

3. Bisnis semakin berkualitas

Untuk meningkatkan daya saing bisnis Anda dengan pesaing, salah satu strategi yang diterapkan dengan meningkatkan kualitas bisnis.Dengan adanya sistem SAP, bisnis mampu melakukan analisis yang baik sehingga memastikan pengambilan keputusan yang tepat waktu dan sasaran. Dengan demikian, penggunaan sistem SAP berkontribusi dalam meningkatkan bisnis semakin berkualitas.

5 Alternatif Aplikasi SAP Inventory Management

Ada lima pilihan perangkat lunak manajemen inventaris yang bisa menjadi alternatif pengganti SAP. Untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda dalam mengelola persediaan barang dan menjaga kelancaran operasional bisnis. Berikut ini adalah daftar alternatif sistem yang dapat perusahaan pertimbangkan:

Total 

Salah satu opsi terbaik sebagai pengganti sistem inventory management SAP adalah software inventory Total. Di sisi lain, Total menyediakan fitur-fitur yang sangat berharga bagi bisnis, seperti pemantauan stok secara real-time, peramalan permintaan, manajemen gudang, dan analisis data yang komprehensif. Kelebihan lainnya adalah kemampuan software ini untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan skala bisnis yang berbeda-beda.

Dengan menggunakan software inventory Total, bisnis dapat memperoleh informasi yang akurat mengenai ketersediaan stok, permintaan pelanggan, dan bahkan kebutuhan produksi. Dengan demikian, Total menjadi alternatif aplikasi SAP yang sangat baik untuk mengelola inventaris bisnis Anda.

Netsuite WMS

Netsuite WMS adalah alternatif yang populer dan komprehensif untuk inventory management SAP. Software ini mencakup fitur manajemen stok, pelacakan pemesanan, pelaporan, dan pengiriman. Selain itu, Netsuite WMS dapat terintegrasi dengan sistem keuangan dan CRM lainnya. Dengan menggunakan perangkat lunak ini, bisnis dapat efektif mengelola persediaan dan meningkatkan efisiensi operasional.

Fishbowl Inventory 

FishBowl Inventory adalah sebuah perangkat lunak pengelolaan inventaris yang menggabungkan fitur stok dan manajemen produksi. Software ini juga menyediakan fitur pelacakan stok real-time, pelacakan pesanan, pengembangan proyek, serta manajemen perakitan. Selain itu, FishBowl Inventory dapat diintegrasikan dengan QuickBooks dan perangkat lunak akuntansi lainnya.

Inflow

Inflow Inventory merupakan software stok barang yang praktis dan terjangkau. Selain itu, perangkat lunak ini menyediakan berbagai fitur yang berguna, seperti melacak persediaan, membuat laporan, mengelola pesanan, dan mengelola pemasok. Inflow Inventory juga dapat terhubung dengan platform penjualan online populer seperti eBay dan Amazon.

Inventory Management Easy Catalogue 

Easy Catalogue adalah sebuah program manajemen persediaan yang dirancang khusus untuk usaha kecil hingga menengah. Program ini menyediakan berbagai fitur yang berguna, termasuk melacak jumlah stok barang, membuat laporan, mengelola pesanan, dan mengatur gudang dengan efisien. Easy Catalogue juga dapat terhubung dengan sistem keuangan dan CRM guna meningkatkan efektivitas dan koordinasi bisnis.

Solusi Alternatif SAP Inventory Management dengan Total 

SAP Inventory Management

Integrasi SAP inventory management merupakan langkah strategis bagi perusahaan manufaktur atau ritel dalam meningkatkan kontrol dan efisiensi manajemen persediaan. Dengan integrasi software inventory dari Total, perusahaan dapat memperoleh visibilitas real-time terhadap pengadaan, mengoptimalkan pemrosesan pesanan pelanggan, dan menghindari kesalahan karena manual. 

Manfaat lain dari Integrasi ini adalah memungkinkan sinkronisasi data otomatis dan pemenuhan pesanan yang lebih baik, serta meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan. Dengan menerapkan manajemen inventaris dari Total, fitur-fitur yang telah tersedia dapat meningkatkan efisiensi operasional dan juga karyawan. Selain dapat mengintegrasi, software ini dapat perusahaan sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Kesimpulan

Pemilihan software inventory management yang tepat memiliki peran penting dalam menjaga kelangsungan bisnis. Ada alternatif-alternatif yang dapat perusahaan pertimbangkan untuk menggantikan software ERP inventory management SAP yang memiliki kendala-kendala tertentu. Bisnis perlu memilih sistem inventory management yang sesuai dengan kebutuhan mereka, baik untuk bisnis kecil maupun besar. 

Di sisi lain, Software ini menyediakan fitur lengkap sesuai dengan kebutuhan bisnis, memperoleh informasi akurat tentang stok, permintaan pelanggan, dan sebagainya. Penggunaan software ini dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi biaya produksi, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, software management inventory dari Total menjadi pilihan tepat untuk bisnis yang ingin meningkatkan kinerja operasional dan profitabilitas. Segera jadwalkan demo gratis disini!

Picture of Marshana Vanina

Marshana Vanina

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!