Icon EQUIP

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
6281222849188
×

Novita

Active Now

Novita

Active Now

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

10 Rekomendasi Aplikasi Tambang Terbaik untuk Industri Pertambangan

Picture of Marshana Vanina
Aplikasi tambang

Apakah Anda tahu berdasarkan studi dari Accenture saat ini ada 92% perusahaan tambang di dunia menggunakan  teknologi untuk meningkatkan produktivitas seperti penggalian dan produksi mereka?  Salah satunya adalah dengan aplikasi tambang terintegrasi.

Bayangkan jika, pemantauan aktivitas tambang dilakukan secara manual, hal ini tentu tidak efektif dan berpotensi menimbulkan kesalahan. Sedangkan dalam industri pertambangan banyak aspek yang perlu dipantau, seperti optimalasi aktivitas kerja, aset seperti alat berat tambang, budgeting, dsb.

Oleh karena itu software tambang hadir sebagai solusi industri pertambangan. Mulai dari tambang nikel, emas, maupun batu bara aktivitas tambangnya dapat disederhanakan dengan software ini.

Namun, pertanyaannya sekarang adalah software tambang apa yang terbaik untuk industri Anda? Melalui artikel ini, kami menyajikan 10 Aplikasi Tambang terbaik untuk industri pertambangan beserta fitur dan kelebihannya yang dapat Anda pertimbangkan.

DemoGratis

Daftar Isi

Manfaat Aplikasi Tambang bagi Perusahan Pertambangan

Aplikasi tambang atau software tambang adalah sistem yang dapat mengintegrasikan seluruh aktivitas pertambangan untuk meningkatkan efisiensi. Hal ini termasuk perencanaan, penjadwalan, pemantauan, dan pengoptimalan operasi tambang.

Berikut manfaat-manfaat lain yang didapat dari penggunaan aplikasi tambang:

  • Pengoptimalan sumber daya: Software tambang dapat melakukan pendataan terhadap sumber daya yang ada dan digunakan pada pertambangan sehingga mengurangi tingkat pemborosan dan meningkatkan efisiensi penggunaan. 
  • Memperbesar efisiensi operasional: Aplikasi tambang dapat memantau progress realisasi rencana dan tingkat kesehatan alat berat yang dapat meningkatkan efisiensi operasional.
  • Meningkatkan akurasi data: Aplikasi tambang mampu membaca area tambang dan menyajikan dengan visualisasi 3D atau peta yang dapat meningkatkan akurasi data perusahaan.
  • Meningkatkan keselamatan kerja: Sistem dapat menganalisis realisasi keselamatan kerja dan memantau area berbahaya berdasarkan lokasi yang telah dipantau oleh sistem tambang.

10 Rekomendasi Software Tambang Terbaik

Software tambang adalah teknologi yang membantu aktivitas tambang menjadi lebih efisien. Namun, Anda pasti kebingungan dalam menentukan pilihan mana yang akan cocok untuk perusahaan tambang Anda. 

Oleh karena itu, berikut ini 10 Rekomendasi Aplikas Tambang Terbaik di Indonesia yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Software Tambang TOTAL

Aplikasi Tambang Total

 

Software Tambang Total adalah salah satu aplikasi untuk perusahaan tambang terbaik di Indonesia. Sistem ini dapat meningkatkan manajemen risiko untuk memastikan keselamatan dan keamanan operasional di pertambangan dengan dukungan sistem canggih.

Tidak hanya itu saja, Aplikasi pertambangan dari Total juga terdapat dukungan fitur-fitur yang dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan Anda, seperti:

  • Perencanaan budget dan produksi: Fitur ini dapat membantu perusahaan untuk menyusun rencana yang realistis dan mampu meningkatkan produksi.
  • Pelacakan kinerja proyek: Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk melakukan pemantauan secara real-time pada setiap progress yang terjadi di lapangan.
  • Automatic stripping ratio report: Fitur ini dapat membandingkan volume material ekstraksi dengan volume limbah yang terbuang.
  • Automatic fuel ratio support: Fitur ini dapat melakukan pendataan pada kondisi penggunaan bahan bakar pada kendaraan di lapangan.
  • Monitor weather and weather forecast: Fitur ini dapat melakukan pemantauan secara real-time pada kondisi cuaca di lapangan.
  • Automatic creation of delivery document for hauling/barging: Fitur ini menghasilkan dokumen pengiriman secara otomatis untuk kegiatan pengiriman hasil barang tambang.

Selain memberikan berbagai fitur pendukung produktivitas tambang, software tambang Total juga memiliki roster kerja tambang yang memudahkan perusahaan untuk melakukan manajemen pada pekerja tambang sebagai salah satu faktor utama penggerak aktivitas tambang.

Sebagai bentuk komitmen penuh terhadap pelanggan, software pertambangan Total memberikan fleksibilitas user tidak terbatas dan dukungan pelanggan dari teknisi ahli yang selalu siap untuk membantu pelanggan jika terdapat kesulitan saat menggunakan.

2. Leapfrog Geo

software geoteknik tambang leapfrog

Leapfrog Geo adalah salah satu software geoteknik tambang terbaik saat ini. Sebagai sistem tambang, Leapfrog Geo memiliki kelebihan seperti antarmuka intuitif dan visualisasi 3D mengenai kondisi lingkungan pertambangan. Data tersebut diolah untuk menjadi estimasi sumber daya yang dikelola.

Kelebihan tersebut dapat memungkinkan perusahaan yang menggunakan Leapfrog Geo dapat meningkatkan produktivitas sesuai dengan yang perusahaan inginkan karena semua aspek telah diintegrasikan menjadi satu.

3. Aplikasi Tambang Minescape

Minescape adalah aplikasi perencanaan tambang yang dapat memungkinkan perusahaan tambang batu bara, nikel maupun emas untuk melakukan perencanaan realistis yang tepat untuk perusahaan. Salah satu kelebihan Minescape adalah memungkinkan perusahaan untuk memantau dampak pertambangan pada lingkungan.

Sistem ini dapat memberikan informasi kestabilan lingkungan, sehingga perusahaan dapat memaksimalkan produktivitas dengan mengurangi risiko kerusakan pada lingkungan atas aktivitas yang terjadi. Hal ini dapat membantu perusahaan menjaga citra positif sebagai perusahaan tambang.

4. Aplikasi Pertambangan HashMicro

Software optimalisasi aktivitas tambang dari HashMicro

Aplikasi pertambangan dari HashMicro adalah salah satu software erp tambang terbaik dengan fitur-fitur terbaik di industri tambang.

Sebagai penyedia sistem tambang, HashMicro dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dalam monitoring project, efektivitas pemantauan aset, perhitungan proses produksi, pemeliharaan kondisi kendaraan, dan masih banyak lagi .

Aplikasi pertambangan ini juga dilengkapi sistem yang intuitif dan terintegrasi, sehingga aplikasi ini dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan sesuai dengan apa yang perusahaan inginkan.

Kelebihan lainnya dari aplikasi tambang HashMicro adalah unlimited user tanpa biaya tambahan. Hal ini memungkinkan aktivitas kegiatan tambang dapat terpantau oleh semua pihak manajemen melalui aplikasi tanpa perlu datang ke kantor.

Dengan fitur-fitur dari HashMicro, perusahaan dapat mengurangi risiko, mengoptimalkan operasional, dan meningkatkan efisiensi dengan baik.

Sebelum Anda membaca lebih lanjut, ada baiknya mengetahui rincian harga software tambang terbaik terlebih dahulu dengan klik gambar dibawah ini.

SkemaHarga

5. Software Mining Vulcan

Software mining vulcan

Vulcan adalah salah satu software mining garapan Maptek Mining Software, sebuah perusahaan asal Australia. Software ini dapat membantu perusahaan dengan menyajikan data-data penting pada kegiatan pertambangan. Kelebihan dari software ini adalah penyajian data dengan visualisasi 3D.

Hal tersebut dapat memudahkan perusahaan untuk memantau keadaan di lapangan, seperti kemiringan lereng, tingkah lembap tanah, dan lainnya.

6. Aplikasi Mining Geoslope

Aplikasi mining Geoslope

Geoslope adalah aplikasi pertambangan yang dapat menampilkan informasi kestabilan tanah di area pertambangan seperti batu bara, emas, maupun nikel dengan model visualisasi tiga dimensi yang memudahkan perusahaan untuk memahami tingkat stabilitas tanah.

Setelah melakukan visualisasi, software tambang batu bara Geoslope akan mengintegrasikan data tersebut ke seluruh aspek yang ada di perusahaan tambang. Hal tersebut memungkinkan perusahaan yang menggunakan Geoslope dapat membuat keputusan strategi dengan baik dan tepat.

7. RedERP

Software pertambangan RedERP

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa tambang adalah salah satu industri dengan tingkat kompleksitas tinggi. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh RedERP sebagai software. RedERP mengotomatisasi aktivitas pertambangan dengan mengintegrasikan seluruh aspek ke satu platform.

Selain itu, RedERP sudah menggunakan sistem cloud dalam menyimpan data-data perusahaan. Penggunaan sistem cloud memanfaatkan sistem penyimpanan yang terkumpul secara online dalam satu server sehingga dapat diakses dari mana saja tanpa perlu datang ke kantor.

8. Aplikasi Peta Tambang ArcGIS

Aplikasi peta tambang ArcGIS

Aplikasi peta tambang ArcGIS adalah salah satu software pertambangan yang dikembangkan oleh Environmental Science and Research Institute di California. Sebagai sebuah Aplikasi pertambangan, ArcGIS memiliki kelebihan dapat menyajikan data pertambangan dengan visualisasi peta atau grafik.

Pengaplikasian tersebut dapat memudahkan perusahaan untuk memahami kondisi yang terjadi di lapangan. Selain itu, perusahaan juga dapat meningkatkan strategi keselamatan pekerja dengan membaca area yang ditampilkan rawan kecelakaan pada aplikasi ArcGIS.

9. Micromine

Sistem perencanaan tambang Micromine

Micromine adalah aplikasi pertambangan yang dapat membantu perusahaan untuk melakukan perencanaan tambang. Dengan fitur pemetaan blok dan visualisasi 3D, Micromine dapat memaksimalkan perencanaan dan pengoptimalan proses eksplorasi lahan tambang.

Kelebihan lain yang ada pada Micromine sebagai software pertambangan adalah penjadwalan aktivitas tambang dan simulasi tambang. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk bisa melakukan uji coba simulasi terhadap satu rencana sebelum mulai terealisasikan.

10. Software Tambang Deswik Suite

Sistem tambang Deswik Suite

Software tambang Deswik Suite memungkinkan perusahaan untuk memodelkan atau melakukan simulasi terhadap kegiatan tambang yang ingin dilakukan. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi perusahaan dalam melakukan aktivitas.

Selain itu, sistem ini dapat memberikan analisis terkait aktivitas pertambangan dengan fitur report and analytics. Sesuai dengan namanya, fitur tersebut memberikan ruang untuk perusahaan menampung laporan dan sistem akan melakukan analisis solusi yang efektif terkait laporan yang ada.

Tips Memilih Software Tambang yang Tepat dan Efisien

Penggunaan software tambang memiliki manfaat yang dapat mengoptimalkan aktivitas pertambangan. Meskipun begitu, Anda harus selektif dan dapat memilih sistem yang tepat untuk perusahaan Anda.

Berikut adalah tips yang dapat membantu Anda untuk memilih software tambang yang tepat untuk perusahaan:

  • Menentukan kebutuhan: Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan kebutuhan sesuai dengan yang perusahaan ingin . Anda harus menyesuaikan dengan membandingkan keinginan perusahaan, seperti apakah perusahaan lebih butuh pemetaan, perencanaan, dan lainnya.
  • Fitur dan manfaat yang diberikan: Setelah menentukan kebutuhan yang perusahaan butuh, Anda harus mengamati fitur dan manfaat yang ada. Anda harus jeli mengamati fitur yang ada, seperti apakah fiturnya dapat memenuhi kebutuhan dan mendapat dukungan dari teknisi handal.
  • Sistem keamanan yang memadai: Dalam penggunaannya, aplikasi tambang baru bisa berjalan setelah menerima data dan informasi dari perusahaan, termasuk data rahasia. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa sistem yang Anda pilih memiliki sistem keamanan yang tinggi, seperti otentikasi pengguna.
  • Dapat terintegrasi yang mudah: Kemudahan integrasi akan memungkinkan aplikasi pertambangan untuk terhubung dengan sistem lain, seperti software produksi, software procurement, dan software inventory tambang.

Kesimpulan

Pertambangan adalah salah satu bisnis yang memiliki risiko tinggi dan perlu pemantauan yang ekstra. Dalam hal ini, software tambang bisa Anda gunakan untuk mempermudah pemantauan agar bisnis tambang bisa berjalan dengan lancar.

Terintegrasi dengan berbagai sistem membuat software pertambangan dari Total ERP menjadi salah satu faktor yang harus Anda pertimbangkan dalam mencari aplikasi pertambangan yang cocok bagi perusahaan Anda.

Dengan fitur yang unggul, software mining dari Total ERP memberikan manfaat untuk dapat mengoptimalisasi dan mengembangkan bisnis Anda.

Untuk dapat memahami bagaimana Total ERP dapat mengoptimalisasi perusahaan, Anda dapat segera mendaftarkan perusahaan Anda dan dapatkan demo gratis di sini!

DemoGratis

Picture of Marshana Vanina
Marshana Vanina

Pencarian

Artikel Terkait

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini