Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Kegunaan Aplikasi Tambang dan Keunggulannya bagi Mining Site

Anatha Ginting
Aplikasi Tambang

Dalam era digital ini, berbagai bisnis harus bisa beradaptasi dengan teknologi, karena teknologi bisa mempermudah pekerjaan yang ada dalam bisnis. Industri pertambangan mungkin tidak terlihat sebagai industri yang membutuhkan keterlibatan teknologi. Namun tanpa kita sadari, pertambangan pun membutuhkan bantuan teknologi seperti aplikasi tambang. Hal ini karena sebagian besar aktivitas yang berlangsung seperti pengelolaan proyek melibatkan barang dalam jumlah banyak, sehingga butuh pengecekan secara berkala.

Dengan adanya bantuan dari teknologi, industri pertambangan mampu untuk meningkatkan efektivitas dari industri pertambangan sendiri. Hal ini karena teknologi seperti aplikasi tambang mampu untuk mengelola aset, meningkatkan akurasi dari perhitungan keuangan, dan memantau proyek yang ada. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu aplikasi tambang, simak artikel berikut.

 

Apa itu Aplikasi Tambang dan Pentingnya bagi Bisnis?

Aplikasi tambang merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk mengelola berbagai aktivitas dalam industri pertambangan secara efisien. Aktivitas yang aplikasi ini kelola mencakup aspek seperti pengelolaan aset, proyek, dan kargo. Seluruh aktivitas yang tadinya dapat menghabiskan waktu yang lama, dengan menggunakan aplikasi ini proses tersebut bisa terjadi secara otomatis.

Melalui implementasi dari aplikasi tambang ini, bisnis tersebut akan mendapatkan beberapa manfaat. Salah satu manfaatnya yaitu akan mempercepat proses pengelolaan hingga pengawasan aset yang sedang berlangsung dan meminimalisir pengeluaran dari perusahaan. Maka dari itu, perusahaan harus bisa untuk menggunakan teknologi yang ada secara optimal demi kelangsungan bisnis mereka.

 

Fungsi Aplikasi Tambang

Setelah melihat kepentingan dari penggunaan aplikasi tambang itu sendiri, kita pun harus mengetahui fungsi dari fitur-fitur yang ada. Berikut merupakan beberapa fungsi dari aplikasi tambang:

1. Pengawasan aktivitas 

Ketika sedang dalam proses aktivitas seperti produksi, penggalian, dan pengangkutan, seluruh proses ini perlu untuk diawasi. Tujuan dari pengawasan ini yaitu untuk bisa meminimalisir kesalahan yang kemungkinan dapat terjadi. Dengan menggunakan fitur dari aplikasi tambang, seluruh aktivitas secara otomatis bisa perusahaan awasi dan kontrol melalui sistem.

2. Optimalisasi sumber daya milik perusahaan

Dengan fitur aplikasi tambang yang ada, sistem akan mencari cara untuk mengoptimalkan aktivitas yang akan perusahaan langsungkan. Hal ini dapat perusahaan lakukan dengan menggunakan sumber daya yang mereka miliki. Contoh, perusahaan A memiliki mesin dan tenaga kerja yang cukup banyak, maka dari itu dengan menggunakan aplikasi tersebut, pengeluaran perusahaan bisa terminimalisir.

3. Mengumpulkan dan mengatur data operasional

Aplikasi memiliki sistem dengan database program untuk menarik data dan informasi dari luar untuk seluruh kegunaan aktivitas dari perusahaan. Kegiatan ini termasuk dalam kegiatan seperti penambangan, pengolahan, eksplorasi, dan distribusi produk tambang. Sehingga berdasarkan data-data yang telah sistem kumpulkan, seluruh keputusan yang akan perusahaan ambil bisa secara tepat dan strategis.

4. Kontrol stok barang

Dalam tahap distribusi, seluruh persediaan barang tambang harus perusahaan siapkan terlebih dahulu sebelum memasuki tahapan proses barang. Oleh karena itu, tahapan ini kerap memakan waktu yang lama. Jadi jika hal ini akan berlangsung secara manual dan hanya mengandalkan tenaga manusia, maka akan kurang efektif pengerjaan nya. Dengan bantuan sistem dari aplikasi tambang, seluruh persediaan barang secara otomatis akan tersimpan dan bisa untuk perusahaan lacak dengan bantuan sistem yang ada.

5. Pengelolaan pengeluaran dan pendapatan

Melalui aplikasi ini, seluruh pelaporan mengenai keuangan dari perusahaan dapat dilakukan secara efisien. Hal ini termasuk seperti menghitung biaya produksi dan memantau harga komoditas. Dengan dikelola pengeluaran dan pendapatan dari perusahaan, seluruh laporan keuangan dari perusahaan tersebut dapat dibuat tanpa adanya kesalahan.

 

Aplikasi Tambang

 

Keunggulan Aplikasi Tambang bagi Bisnis

Aplikasi tambang sendiri memiliki beberapa fitur yang bisa bermanfaat untuk bisnis yang ada. Berikut merupakan beberapa keunggulan yang akan perusahaan dapatkan dari menggunakan aplikasi ini itu sendiri:

  1. Aplikasi ini dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas operasional perusahaan, sehingga dapat menghemat biaya dan meningkatkan profitabilitas.
  2. Mampu untuk membantu perusahaan dalam mengelola risiko dan keamanan, sehingga dapat mencegah kecelakaan kerja dan menjamin keamanan para pekerja di lokasi tambang.
  3. Memberi data dan informasi yang akurat dan real-time tentang operasi pertambangan, sehingga manajemen dapat membuat keputusan yang tepat dan strategis. 
  4. Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas perusahaan, terutama dalam hal pengelolaan sumber daya dan kesehatan dan keselamatan kerja.
  5. Membantu perusahaan dalam memenuhi standar dan peraturan yang pemerintah dan lembaga terkait tetapkan, sehingga dapat meningkatkan reputasi perusahaan dan meminimalkan risiko hukum.

 

Kelola Bisnis Tambang Menggunakan Total

Melihat bahwa perangkat lunak berupa aplikasi tersebut bisa membantu dan berpengaruh ketika akan mengelola mining site, maka dari itu perusahaan harus bisa memilih aplikasi yang tepat. Salah satu software yang dapat digunakan yaitu aplikasi milik Total. Dimana aplikasi ini sendiri mampu untuk mempermudah pengelolaan perusahaan dengan pengontrolan stok persediaan, mengawasi proyek tambang, pemeliharaan kondisi kendaraan, dan lainnya.

 

Kesimpulan

Seluruh aktivitas manusia sekarang terbantu dengan inovasi dan teknologi yang ada. Tidak terkecuali dalam industri pertambangan, dimana seluruh proses kegiatannya juga membutuhkan bantuan dari teknologi. Kegiatan yang tadinya membutuhkan waktu yang lama, tenaga kerja yang banyak, menjadi mudah dengan bantuan sistem yang ada dan dilakukan secara otomatis. 

Maka dari itu, aplikasi tambang memiliki fungsi dan manfaat yang besar, terutama dalam mempermudah keseluruhan proses pengelolaan mining site. Ketika akan memilih sistem yang ada untuk perusahaan, salah satu produk yang dapat Anda gunakan adalah aplikasi tambang milik Total. Aplikasi ini memiliki fitur yang fokus untuk membantu mengelola bisnis Anda dari proses produksi hingga pengelolaan aset yang ada. Coba demo gratis sekarang!

Anatha Ginting

Anatha Ginting

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!