Icon EQUIP

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
6281222849188
×

Novita

Active Now

Novita

Active Now

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Pentingnya Struktur Perusahaan bagi Keberlangsungan Bisnis

Picture of Marshana Vanina
struktur perusahaan

Seiring berkembangnya teknologi, perusahaan kian memiliki operasional yang kompleks. Oleh karena itu, perusahaan memerlukan sebuah hierarki yang mengatur tiap-tiap bagian. Dalam hal ini penyebutan yang umum adalah struktur perusahaan. Struktur perusahaan menjadi hal yang sangat penting karena mencakup segala operasional.

Oleh karena perannya yang penting, struktur perusahaan menjadi hal yang diutamakan dalam bisnis. Tidak jarang bahwa struktur juga ikut menentukan tingkat kesuksesan bisnis. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa itu struktur perusahaan hingga jenis dan manfaatnya bagi bisnis. 

Pengertian Struktur Perusahaan

Struktur perusahaan adalah elemen penting yang berperan dalam keberlangsungan bisnis. Struktur tersebut mencakup hierarki manajemen, tim dan departemen yang berbeda. Selain itu juga mengenai bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain. Dalam struktur perusahaan yang baik dan efektif, tanggung jawab dan kekuasaan didistribusikan dengan baik di seluruh organisasi. Ini membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas, mempercepat pengambilan keputusan, dan memperkuat komunikasi di seluruh organisasi.

Ada berbagai jenis struktur perusahaan, seperti struktur fungsional, matriks, atau berdasarkan produk. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga harus dipilih berdasarkan kebutuhan spesifik bisnis. Oleh karena itu, penting bagi bisnis untuk mempertimbangkan struktur yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan mereka serta beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis yang terus berubah.

Fungsi Struktur Organisasi di Perusahaan 

struktur perusahaan

Dalam perusahaan yang baik dan teratur, struktur menjadi hal yang menentukannya. Selain dengan memiliki struktur yang baik, memaksimalkan tiap fungsi strukturnya juga merupakan hal yang penting. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui fungsi struktur.

Mendeskripsikan peran setiap individu

Struktur perusahaan memiliki fungsi penting dalam membagi tugas, tanggung jawab, dan kekuasaan di seluruh organisasi. Dengan demikian setiap individu dapat memahami perannya dan berkontribusi secara efektif. Di dalam struktur perusahaan, terdapat hierarki manajemen yang menunjukkan tingkat kekuasaan dan tanggung jawab setiap individu, mulai dari manajer puncak hingga karyawan di level paling bawah. Selain itu, struktur ini dapat membantu mengatur tim dan pekerjaan dalam kelompok yang lebih kecil.

Memperjelas birokrasi di perusahaan

Dalam sebuah organisasi, birokrasi yang tidak efektif dapat terjadi ketika prosedur dan aturan yang rumit dan memakan waktu berlebihan. Birokrasi yang tidak teratur dapat menyebabkan lambatnya pengambilan keputusan, meningkatkan biaya, dan menurunkan kualitas kerja. Struktur perusahaan yang baik dapat membantu mengatasi masalah birokrasi dengan cara memperjelas tugas dan tanggung jawab. 

Memperjelas uraian tugas

Struktur perusahaan memiliki fungsi penting dalam menjalankan uraian tugas di seluruh organisasi. Uraian tugas adalah dokumen yang menjelaskan tugas, tanggung jawab, dan kriteria kinerja. Uraian tugas yang jelas dan terstruktur dapat membantu individu memahami peran dan tanggung jawab mereka dengan lebih baik sehingga dapat bekerja secara efektif dan produktif. Dalam sebuah struktur perusahaan yang baik, setiap posisi memiliki uraian tugas yang jelas dan terstruktur. 

Mengurangi konflik setiap individu

Struktur perusahaan yang jelas dan terorganisir dapat membantu mengurangi konflik antar individu di tempat kerja. Salah satu hal yang penting adalah memiliki hierarki yang jelas sehingga setiap karyawan tahu siapa yang bertanggung jawab atas keputusan dan tugas tertentu. Selain itu, pemisahan tugas dan tanggung jawab yang jelas juga sangat penting untuk menghindari tumpang tindih dan mencegah konflik. 

Membantu tercapainya target perusahaan

Struktur perusahaan harus didesain untuk mendukung pencapaian tujuan perusahaan. Setiap karyawan harus tahu tujuan perusahaan dan cara mereka dapat berkontribusi dalam mencapainya. Dalam struktur yang efektif, setiap departemen harus berfungsi sebagai satu bagian dari mesin yang lebih besar untuk mencapai tujuan perusahaan. Dengan memiliki struktur yang terarah, perusahaan terbantu untuk menjadi lebih fleksibel dan adaptif terhadap perubahan di pasar. 

Contoh Struktur Perusahaan

struktur perusahaan

Betapa pentingnya struktur perusahaan dapat menjadi perhatian bahwa struktur perusahaan memegang peranan yang krusial bagi bisnis. Oleh karena itu, perlu untuk diketahui beberapa contoh struktur perusahaan yang nantinya bisa Anda terapkan. Simak penjelasan berikut!

Direksi

Direksi adalah badan pengurus yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengambilan keputusan strategis dalam sebuah perusahaan. Bagian ini adalah salah satu elemen penting dalam struktur perusahaan modern. Hal ini karena mereka juga harus memiliki kemampuan untuk membuat keputusan yang tepat dan efektif dalam mengelola perusahaan.

Direksi bertanggung jawab untuk menetapkan strategi dan tujuan jangka panjang perusahaan. Hal ini meliputi menentukan arah perusahaan, memilih pasar yang tepat, dan mengembangkan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Selain itu, direksi juga bertanggung jawab untuk membuat keputusan strategis yang berdampak pada kinerja perusahaan secara keseluruhan. Keputusan ini meliputi pengambilan keputusan investasi, akuisisi, divestasi, dan pengembangan bisnis baru.

Direktur utama

Direktur utama (CEO) adalah jabatan puncak yang memiliki peran yang sangat penting dalam mengambil keputusan strategis untuk perusahaan. Salah satu peran penting CEO adalah memimpin perusahaan menuju tujuan-tujuan , termasuk memimpin strategi, mengelola risiko, dan membuat keputusan penting untuk kepentingan perusahaan. Direktur utama juga berperan dalam membangun budaya perusahaan yang positif dan memotivasi karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Selain itu, juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa perusahaan beroperasi secara efisien dan efektif. Mereka juga harus memperhatikan faktor-faktor ekonomi dan sosial yang dapat mempengaruhi bisnis perusahaan. Seorang direktur utama juga harus memantau kinerja perusahaan secara berkala dan membuat keputusan yang tepat jika terjadi masalah atau kesulitan di dalam perusahaan. Sebagai pemimpin utama, mereka harus dapat memberikan arahan yang jelas dan efektif kepada seluruh karyawan dalam organisasi.

Direktur

Direktur adalah orang yang dipilih atau diangkat untuk menjadi bagian dari dewan direksi sebuah perusahaan. Dewan direksi merupakan organ pemerintahan perusahaan yang bertanggung jawab atas pengambilan keputusan strategis untuk perusahaan. Direktur memiliki tanggung jawab yang penting dalam menjalankan operasi perusahaan dan memastikan bahwa perusahaan beroperasi secara efisien dan efektif.

Salah satu peran penting direktur adalah memberikan arahan dan pengawasan terhadap manajemen perusahaan. Direktur harus memastikan bahwa manajemen perusahaan mematuhi kebijakan perusahaan dan menjalankan operasi dengan benar. Direktur juga harus memantau kinerja manajemen dan melakukan evaluasi terhadap kinerja perusahaan secara berkala.

Manager

Peran seorang manajer dalam perusahaan sangat penting karena ia bertanggung jawab untuk memimpin dan mengelola tim serta sumber daya perusahaan untuk mencapai tujuan dan visi perusahaan. Sebagai seorang pemimpin, manajer harus memiliki kemampuan leadership yang baik.

Seorang manajer harus dapat memimpin dan menginspirasi timnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Ini meliputi memberikan arahan dan motivasi serta memberikan umpan balik yang konstruktif untuk membantu meningkatkan kinerja tim. Dengan memiliki manajer yang berkualitas, sebuah perusahan akan memiliki tim yang solid dalam melakukan pekerjaannya. 

Administrasi

Peran administrasi dalam sebuah perusahaan sangat penting karena administrasi bertanggung jawab untuk menyediakan dukungan dan layanan oleh semua departemen dalam perusahaan. Administrasi bertanggung jawab untuk mengelola staf dan pegawai perusahaan. Ini meliputi rekrutmen, pelatihan, pengembangan karyawan, manajemen kinerja, penggajian dan manajemen kontrak kerja.

Selain itu, administrasi juga bertanggung jawab untuk mengelola keuangan perusahaan, termasuk anggaran, akuntansi dan pelaporan keuangan. Administrasi harus memastikan bahwa perusahaan memiliki sumber daya finansial yang cukup dan mengelola anggaran dengan efektif. Hal ini bertujuan agar finansial perusahaan dapat tersalurkan secara optimal untuk mendapatkan return of investment. 

Divisi Regional

Dalam pengaplikasian bisnis, sebuah perusahaan harus diatur oleh seorang yang memiliki kecakapan dalam berbisnis. Hal tersebut diatur oleh divisi regional. Divisi ini bertanggung jawab untuk mengelola semua kegiatan bisnis perusahaan di wilayah tersebut, mulai dari pemasaran, penjualan, hingga pengiriman produk ke pelanggan.

Selain itu, mereka juga bertanggung jawab untuk mengembangkan dan mengeksekusi strategi pemasaran untuk wilayah mereka. Mereka harus memahami pasar lokal dan tren yang mempengaruhi perilaku konsumen untuk menciptakan kampanye pemasaran yang efektif dan relevan. Oleh karena itu, divisi ini lebih ke arah pekerjaan lapangan secara langsung.

Baca juga: Mengenal Urgensi Financial Technology dalam Perkembangan Perekonomian Indonesia

Kesimpulan

Struktur perusahaan yang baik dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi bisnis. Mulai dari meningkatkan daya saing, meningkatkan efektivitas operasional, dan memberikan fleksibilitas yang diperlukan untuk mengatasi perubahan pasar atau kondisi bisnis yang tidak terduga. Oleh karena itu, penting bagi setiap bisnis untuk memperhatikan struktur perusahaan mereka dan memastikan bahwa itu sesuai dengan tujuan bisnis dan kebutuhan mereka.

Selain itu, struktur perusahaan yang baik juga memungkinkan bisnis untuk menarik dan mempertahankan tenaga kerja yang berkualitas. Tanpa struktur  yang baik, bisnis dapat menghadapi kesulitan dalam mengembangkan bisnis mereka dan mempertahankan keberlangsungan bisnis. Oleh karena itu, penting bagi bisnis untuk memiliki struktur perusahaan yang baik dan terus memperbarui dan menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan bisnis dan perkembangan pasar.

Picture of Marshana Vanina
Marshana Vanina

Pencarian

Artikel Lainnya

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini