Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Optimalkan Pengelolaan Bisnis dengan Sistem Konstruksi Terbaik bagi Perusahaan Konstruksi

Vania
Sistem konstruksi

Konstruksi merupakan suatu rangkaian pembangunan gedung atau infrastruktur lain di suatu lokasi tertentu yang memiliki batas waktu yang terbatas dan hasilnya harus dapat dipertanggungjawabkan oleh perusahaan konstruksi. Oleh karena itu, sistem konstruksi memiliki peran penting dalam menciptakan efisiensi dalam pengelolaan bisnis perusahaan konstruksi. 

Sistem konstruksi merupakan sekelompok program yang dapat membantu manajemen konstruksi secara otomatis, menghemat waktu dan biaya yang tinggi yang biasanya perusahaan butuhkan untuk pekerjaan manual yang dikerjakan oleh seorang manajer. Oleh karena itu, sistem ini dapat meminimalisir kesalahan manusia dalam melaksanakan kegiatan perusahaan.

Apa Itu Sistem Konstruksi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konstruksi adalah model atau tata letak dari suatu bangunan, seperti rumah, gedung, jembatan, atau jenis konstruksi lainnya. Di sisi lain, para ahli mendefinisikan konstruksi sebagai kegiatan pembangunan sarana dan prasarana yang terdiri dari beberapa bagian struktur. Beberapa contoh konstruksi adalah jalan raya, jembatan, dan kapal.

Perusahaan yang ingin membangun suatu konstruksi dapat menggunakan sistem konstruksi untuk membantu manajemen proyek secara lebih efektif. Sistem konstruksi adalah program khusus yang tercipta untuk membantu pengelolaan dan pelaksanaan proyek konstruksi. Tujuannya adalah untuk mempercepat dan mempermudah tugas konstruksi serta memaksimalkan efisiensi proyek, pengelolaan inventaris, dan manajemen staf selama proses konstruksi berlangsung. 

Jenis-Jenis Konstruksi

Sistem konstruksi

Terdapat beberapa jenis konstruksi dalam  dunia konstruksi dengan ciri khas yang berbeda. Perbedaan ini tentunya memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda dari setiap penggunaannya bagi masyarakat. Contohnya seperti konstruksi gedung, konstruksi teknik, dan konstruksi industri. Berikut penjelasan lebih lanjut terkait jenis-jenis konstruksi ini.

Konstruksi gedung

Pembangunan konstruksi gedung merupakan jenis konstruksi yang umum ditemui di berbagai tempat, baik itu kota kecil atau kota besar. Beberapa contoh dari pembangunan konstruksi gedung seperti konstruksi fasilitas umum, seperti sekolah, tempat rekreasi, dan bangunan institusional. Biasanya Pembangunan konstruksi gedung biasanya dikerjakan oleh insinyur sipil dan arsitek. Material konstruksi biasanya ditekankan pada aspek arsitektural gedungnya.

Konstruksi teknik

Pembangunan konstruksi teknik pada dasarnya tercipta oleh konstruktor untuk memenuhi kebutuhan penunjang infrastruktur masyarakat. Hal ini meliputi perencanaan konstruksi teknik melibatkan seseorang yang ahli dalam bidang perancangan dan desain secara khusus, konstruksi teknik terbagi menjadi dua jenis, yaitu: 

  • Konstruksi berat: Sebuah program infrastruktur di dalam negeri bertujuan membangun instalasi pipa besar, bendungan, serta jalur transportasi udara, air, dan darat yang skala besar. Umumnya, proyek konstruksi ini didanai oleh pemerintah, meskipun terdapat kemungkinan kerjasama antara pemerintah dan sektor swasta agar pembangunan dapat berjalan lebih lancar.
  • Konstruksi jalan: Sebuah proyek pembangunan terdiri dari serangkaian kegiatan seperti penggalian, pengurugan, pengerasan jalan, pembuatan struktur drainase, serta konstruksi jembatan. Biasanya, proyek konstruksi jalan tergarap oleh departemen pekerjaan umum. Selain itu, ada perbedaan yang signifikan antara konstruksi jalan dengan konstruksi gedung, terutama dalam hal perencanaan, kontraktor yang terlibat, dan aktivitas pemilik proyek.

Konstruksi industri

Jenis konstruksi terakhir adalah konstruksi industri. Proyek konstruksi industri biasanya membutuhkan persyaratan dan spesifikasi khusus, seperti konstruksi industri dasar, industri berat, dan industri kilang minyak. Perencanaan dan pelaksanaan konstruksi industri ini memerlukan tingkat kehati-hatian yang lebih tinggi karena kerumitan yang lebih besar. Selain itu, keahlian dan teknologi yang mestinya ada untuk membangun konstruksi industri harus lebih spesifik dan sesuai dengan rencana konstruksinya.

Fitur Sistem Konstruksi

Untuk meningkatkan efisiensi pembangunan, konstruktor dapat mempertimbangkan penggunaan software konstruksi tertentu. Salah satu opsi yang tersedia adalah sistem konstruksi dari Total ERP, yang dapat memberikan manajemen konstruksi yang efektif untuk perusahaan Anda.

Software ini memungkinkan pengawasan yang mudah terhadap kinerja secara keseluruhan dan dapat mempercepat proses bisnis dengan menyederhanakan berbagai tugas. Selain itu, dengan tampilan antarmuka yang user-friendly, pengguna dapat dengan mudah mengakses berbagai fitur yang tersedia untuk memaksimalkan proses pembangunan. 

 

  • Inventory: Fitur inventory ini dapat mengelola bahan baku dan material bagi proyek konstruksi sehingga mampu memastikan ketersediaan material untuk proses konstruksi. Oleh karena itu, sistem ini dapat memonitoring bahan baku yang tersedia di gudang, dan bahan baku yang perusahaan butuhkan dalam kegiatan perusahaan.
  • Accounting: Dengan fitur accounting,, perusahaan mampu memanajemen proyeksi budget pembangunan konstruksi agar sesuai dengan pembuatan rancangan anggaran biaya . Selain itu, fitur ini mampu melacak pengeluaran dan mengetahui kondisi keuangan proyek secara real-time.
  • Project:Melalui fitur proyek yang tersedia, pengguna dapat memonitor perkembangan pembangunan secara terintegrasi pada satu platform. Terdapat data dan laporan yang tersedia yang dapat terpakai sebagai dasar untuk membuat keputusan konstruksi yang lebih tepat dan akurat.
  • HRM: Dapat mengotomatiskan perhitungan gaji, lembur, absensi, dan asuransi pekerja proyek konstruksi secara optimal.
  • Fleet: Dapat meningkatkan efisiensi armada dengan melakukan pemantauan secara terus-menerus terhadap kondisi kendaraan dan peralatan konstruksi. Selain itu, perawatan kendaraan menjadi lebih terstruktur karena dapat mengatur jadwal perawatan dan pengecekan kondisi kendaraan dengan lebih baik.
  • Tender: Melalui fitur portal vendor, dapat dikelola tender untuk konstruksi jembatan dari berbagai pemasok. Fitur ini sangat bermanfaat untuk menentukan harga dan kualitas bahan baku terbaik untuk proyek konstruksi tersebut.
  • Contract: Pengelolaan kontrak proyek secara maksimal dalam satu platform. Sistem ini juga tersedia duplikasi dokumen kontrak yang berguna sebagai cadangan apabila terjadi peristiwa yang menyebabkan hilangnya dokumen kontrak.

Keuntungan Menggunakan Sistem Konstruksi

Sistem konstruksi merupakan suatu alternatif yang dapat membantu perusahaan konstruksi dalam menunjang berbagai aktivitas proyek konstruksi. Dengan menerapkan software konstruksi pada perusahaan, Anda dapat memudahkan pelaksanaan seluruh tahapan pembangunan mulai dari awal hingga akhir.

Pengoptimalan pengelolaan inventaris proyek, dan menyederhanakan pengelolaan staf proyek dengan efisien. Selain itu, sistem konstruksi dapat terotomatisasi untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan dan menghemat waktu serta biaya. Dengan kemampuan untuk disesuaikan sesuai kebutuhan proyek bisnis, sistem konstruksi juga dapat disesuaikan dengan proyek yang sedang berjalan.

Gunakan Sistem Konstruksi Terbaik dari Total ERP

Agar dapat memilih software konstruksi yang tepat, Anda perlu memastikan bahwa sistem tersebut telah memenuhi semua kebutuhan perusahaan Anda. Selain itu, pastikan sistem tersebut mudah terakses, aman, terjangkau sesuai dengan anggaran Anda, dan mampu menangani berbagai masalah yang mungkin menghalangi kegiatan perusahaan.

Salah satu pilihan terbaik untuk penyedia software konstruksi adalah sistem konstruksi dari Total ER{ . Sistem ini memiliki tampilan yang user-friendly dan tingkat keamanan yang sangat baik, sehingga memenuhi persyaratan yang diharapkan.

Kesimpulan

Software konstruksi merupakan sebuah aplikasi yang dapat membantu manajemen pembangunan proyek konstruksi agar lebih terkontrol. Sistem konstruksi hadir dengan berbagai fitur dan otomatisasi sistem yang dapat memudahkan pelaksanaan pembangunan proyek. Selain itu, sistem konstruksi juga dapat membantu dalam penyediaan bahan baku dan manajemen staf perusahaan konstruksi.

Sistem konstruksi dari Total ERP, sebagai penyedia sistem konstruksi terbaik, dapat menjadi pilihan utama bagi Anda yang membutuhkan software berbasis cloud untuk membantu mengelola bisnis konstruksi Anda. Langkah selanjutnya yaitu Anda dapat mengunduh skema perhitungan harga dari sistem konstruksi untuk mengetahui gambaran harga dari aplikasi ini. Serta dapatkan demo gratis sekarang juga!

Vania

Vania

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!