Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

7 Cara Memilih Sistem Manufaktur bagi Perusahaan Anda Serta Manfaatnya!

Picture of Marshana Vanina
Sistem manufaktur

Sebuah perusahaan manufaktur memiliki fokus pada pengolahan bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang siap pakai. Agar produksi perusahaan dapat berjalan dengan efisien, perusahaan dapat menerapkan suatu sistem yang terintegrasi dengan software lainnya. Sistem POS manufaktur berfungsi untuk merencanakan, mengontrol, dan menghitung biaya produksi serta meningkatkan fungsi produksi perusahaan.

Dengan menggunakan manufacturing automation, perusahaan dapat memanfaatkan manajemen perencanaan material dan bahan baku yang akurat sehingga dapat memaksimalkan proses produksi dan mengoptimalkan fungsi dari sistem manufaktur. Penggunaan sistem manufaktur akan memudahkan perusahaan dalam menjalankan proses produksi.

Cara Memilih Sistem POS Manufaktur

Para vendor sistem manufaktur bersaing untuk menarik perhatian konsumen agar sistem mereka dapat diadopsi oleh perusahaan. Sebagai seorang pelaku bisnis, Anda harus mampu memilih sistem yang cocok dengan kebutuhan bisnis dan perusahaan Anda. Anda juga harus mempertimbangkan anggaran perusahaan sehingga Anda dapat memilih sistem yang terbaik dengan harga terbaik.

Pastikan sistem POS manufaktur memiliki fitur lengkap

Ketika memilih sistem yang tepat, penting untuk memastikan bahwa sistem tersebut memiliki fitur yang memenuhi kebutuhan perusahaan Anda. Pastikan kebutuhan perusahaan telah tercatat dengan baik sehingga dapat tersesuaikan dengan fitur-fitur yang tersedia. Tujuannya adalah agar perusahaan dapat mengevaluasi biaya yang perlu untuk menerapkan sistem manufaktur di dalam perusahaan Anda.

Perhatikan tingkat keamanan penyimpanan data

Sistem POS

Sebuah sistem manufaktur yang baik adalah sistem yang dapat menjamin keamanan data penggunanya. Keamanan data menjadi faktor krusial dalam pemilihan sistem yang tepat bagi perusahaan. Sebagai contoh, aplikasi manufaktur konvensional yang menggunakan server lokal di perusahaan biasanya menawarkan tingkat keamanan data yang cukup tinggi. Namun, sistem ini memerlukan perawatan khusus dan biasanya lebih banyak menjadi peminat perusahaan besar.

Pastikan sistem POS manufaktur user-friendly

Sistem yang baik harus dapat mempertimbangkan kemudahan penggunaannya. user interface atau UI dapat menjadi faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih perangkat lunak manufaktur. Implementasi perangkat lunak manufaktur bertujuan untuk memudahkan proses manufaktur dan produksi, sehingga tampilan UI yang baik dapat membantu pekerja untuk mengoperasikan perangkat lunak dengan mudah.

Online atau offline

Sistem ERP terdiri dari dua jenis yaitu ERP online dan offline. Sistem ERP berbasis online atau cloud-based ERP memiliki kelebihan dalam memudahkan pekerjaan akses data secara jarak jauh dan secara otomatisasi dapat mengumpulkan seluruh data masuk dalam waktu nyata dan akurat. Sementara itu, untuk sistem ERP berbasis offline, perusahaan harus menggunakan server lokal dan melakukan integrasi sistem secara manual jika ingin mengakses data.

Pastikan Sistem POS manufaktur dapat mem-backup data

Agar keamanan data dalam perusahaan terjamin, salah satu fitur penting yang harus ada pada sistem manufaktur adalah kemampuan untuk melakukan backup data. Hal ini penting terlaksana untuk menghindari adanya kerusakan atau kesalahan sistem yang dapat menyebabkan hilangnya data berharga perusahaan. 

Dengan adanya fitur backup data, data yang hilang dapat dipulihkan dan diakses kembali oleh karyawan yang membutuhkannya selama proses produksi. Selain itu, fitur backup data juga dapat memastikan bahwa data yang masuk ke dalam sistem selalu tersimpan dengan aman dan akurat.

Sesuaikan fitur dengan kebutuhan

Kustomisasi merupakan faktor penting yang harus perusahan perhatikan. Dengan demikian pastikan bahwa fitur-fitur dalam software manufaktur telah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Terlalu banyak fitur dalam software bisa meningkatkan biaya pengeluaran. Oleh karena itu, menyesuaikan fitur dengan kebutuhan perusahaan sangat perlu agar biaya pengeluaran dapat menjadi berkurang.

Pelayanan yang baik

Sistem manufaktur yang optimal memiliki layanan yang memuaskan. Layanan tersebut merujuk pada cara customer service dari penyedia software tersebut memperlakukan Anda sebagai pelanggan. Kemudian pastikan bahwa customer service memberikan layanan yang baik dan merespons semua pertanyaan serta kebutuhan Anda.

Manfaat Sistem POS untuk Industri Manufaktur

Perusahaan penting untuk memahami manfaat dari mengimplementasikan software manufaktur. Salah satu penyedia software manufaktur terbaik dari Total ERP yang dapat membantu mengelola produksi secara efektif. Berikut adalah beberapa manfaat yang ada pada sistem manufaktur dari Total ERP:

Otomatisasi kalkulasi wip dengan sistem SOP

Work in progress atau WIP merupakan komponen yang menunjukkan aliran biaya pada setiap area manufaktur. Dengan menggunakan software manufaktur  Anda akan dengan mudah menghitung keseluruhan biaya work in progress. Penghitungan WIP dapat lebih akurat serta terotomatisasi dan terintegrasi dengan berbagai sistem pada perusahaan.

Kegiatan produksi yang tepat waktu

Keuntungan kedua dari implementasi software manufaktur adalah kemampuan sistem untuk mengatur kegiatan produksi dengan tepat waktu. Dengan menggunakan sistem yang tepat waktu ini, produksi dapat berjalan lancar sehingga semua permintaan pelanggan dapat terpenuhi dan risiko kehabisan stok dapat terhindarkan.

Inventory dan procurement yang terkendali

Dengan menggunakan sistem manufaktur, manajemen stok barang dapat lebih mudah dilakukan dengan cara memonitor ketersediaan stok secara real-time dan mengotomatisasi sistem procurement. Dengan adanya sistem ini, perusahaan dapat lebih mudah mengetahui jumlah stok yang tersedia dan kapan waktu yang tepat untuk mendistribusikannya ke konsumen.

Membuat keputusan yang akurat dengan sistem SOP

Software manufaktur membuat business forecasting dapat dilakukan dengan mudah untuk menjaga kelancaran proses manufaktur. Sistem manufaktur memungkinkan Anda untuk menganalisis laporan proses produksi secara mudah dan akurat sehingga prediksi bisnis dapat terselesaikan dengan tepat dan memberikan efektivitas bagi proses produksi dalam jangka waktu yang panjang.

Kesimpulan

Dalam memilih sistem manufaktur bagi perusahaan. Anda dapat mempertimbangkan pilihan software manufaktur yang cocok untuk perusahaan Anda. Oleh karena itu pastikan sistem tersebut memiliki fitur yang teroptimalkan agar produktivitas perusahaan dapat meningkat secara signifikan setelah implementasi.

Salah satu opsi terbaik adalah software manufaktur dari Total ERP yang dikembangkan berbasis cloud. Penggunaan sistem ini dapat membantu menyederhanakan proses produksi perusahaan dan mengoptimalkan biaya produksi melalui penjadwalan dan pemantauan penggunaan sumber daya secara otomatis. Anda juga dapat mencoba demo gratis dari sistem ini.

Picture of Marshana Vanina

Marshana Vanina

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!