Icon EQUIP

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
6281222849188
×

Novita

Active Now

Novita

Active Now

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

7 Jenis Business Software untuk Mengefisiensikan Operasional Bisnis

Picture of Ginta Anathia
Business Software

Dalam membuat suatu usaha atau bisnis, terdapat berbagai hal yang harus Anda perhatikan agar semua dapat berjalan dengan lancar. Baik dari segi persiapan, proses pengelolaan barang dan data, hingga laporan keuangan. Untuk membantu seluruh proses ini agar bisnis bisa dijalankan secara cepat dan efisien maka Anda bisa menggunakan business software.

Perangkat lunak bisnis ini memiliki fungsi meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam operasi bisnis sehingga memungkinkan sistem untuk mengotomatisasi proses, mengelola inventaris, dan membuat laporan secara real-time. Untuk mengetahui seputar dengan business software terbaik, Anda bisa membaca artikel berikut.

Pengertian Business Software

Business software merupakan perangkat lunak yang hadir untuk membantu bisnis dalam mencapai tujuan yang telah perusahaan tetapkan. Melalui satu sistem terpusat, software ini mampu secara otomatis meningkatkan, mendukung, dan membuat proses bisnis berjalan lancar. 

Perangkat lunak ini dapat mencakup berbagai jenis aplikasi seperti pengolahan data, manajemen keuangan, manajemen rantai pasok, dan lainnya. Selain itu, perangkat ini juga membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik melalui analisis data dan pelaporan yang terintegrasi dengan baik. Dengan begitu, bisnis yang Anda miliki dapat menjadi lebih efektif, efisien, dan sukses.

7 Jenis Business Software yang Umumnya Perusahaan Gunakan

Software ini tentu memiliki manfaat yang banyak untuk para pelaku bisnis. Tetapi sekarang telah terdapat berbagai perangkat lunak yang bisa Anda gunakan. Berikut merupakan beberapa jenis dari business software yang biasa perusahaan gunakan:

1. Accounting Business Software

Perangkat lunak akuntansi atau accounting software biasa perusahaan gunakan untuk mengelola dan mengembangkan bisnis. Hal ini karena software ini berfungsi untuk membantu mengelola segala hal yang berhubungan dengan keuangan bisnis seperti invoice, transaksi, pengeluaran, utang piutang, dan lainnya. Dengan bantuan perangkat lunak ini, akuntan yang bekerja dalam perusahaan dapat mengerjakan tugasnya secara efisien dan efektif.

2. Time Tracking Software

Perangkat lunak satu ini bertujuan untuk melakukan pelacakan terhadap seluruh kegiatan absensi karyawan. Dimana sistem akan membantu mencatat dan melacak waktu kerja dari setiap orang dalam perusahaan. Dengan bantuan sistem ini, perusahaan mampu mengetahui mengenai absensi dari setiap pekerja yang ada dalam perusahaan, karena hal ini akan berkaitan dengan besar upah yang akan tiap orang akan dapat.

3. Payroll Software

Perusahaan tentunya tidak akan mengelola payroll dari karyawannya, secara manual. Karena setiap perusahaan pasti memiliki jumlah pekerja yang banyak, sehingga cara manual akan sangat memakan waktu. Untuk membantu proses ini, perusahaan bisa menggunakan payroll software, yang dimana sistem ini akan membantu untuk mengelola puluhan hingga ratusan slip gaji dan reimbursement yang ada.

4. CRM Software

Customer Relationship Management (CRM) adalah perangkat lunak yang memberikan perusahaan kemampuan untuk membuat penjualan mereka meningkat dengan memahami perilaku konsumen. Selain untuk mengelola informasi seputar pelanggan, sistem akan menganalisa kebutuhan yang pelanggan sedang butuhkan hanya melalui interaksi dengan pelanggan. Dari situ, perusahaan bisa mengetahui kebutuhan pelanggan mereka.

5. ERP Software

Sistem ERP atau enterprise resource planning berfungsi untuk mengintegrasikan proses bisnis mereka, sehingga seluruh sumber daya yang perusahaan miliki akan tetap terlacak. Perangkat ini biasa perusahaan gunakan untuk kegiatan bisnis sehari-hari nya seperti membuat perencanaan proyek, produksi, dan laporan keuangan. Dengan ini, bisnis dapat berlangsung dengan cepat dan produktif.

6. Software Stok Barang

Software ini berguna terutama untuk perusahaan yang membutuhkan alat bantu administrasi dan pengaturan untuk persediaan. Karena dengan menggunakan perangkat ini, perusahaan akan mengetahui seluruh jumlah stok yang keluar, barang yang masuk, barang yang tersedia maupun tidak dalam toko dan gudang. Selain itu, software ini bisa membuat laporan seperti input data dan edit data terkait dengan laporan persediaan barang.

7. Human Resource Business Software

Perangkat terakhir ini HRIS (Human Resource Information System) akan memudahkan pekerjaan HRD untuk seluruh proses pemasukan, pelacakan, dan merekapitulasi data dan informasi karyawan dalam perusahaan. Hal ini karena, data dari karyawan dalam jumlah yang banyak tentu akan susah untuk HRD kelola secara manual. Dengan bantuan dari sistem ini, kerja dari HRD akan lebih cepat dan efektif. Fitur yang sistem ini tawarkan meliputi absensi online, reimbursement, overtime, time off, dan lainnya.

Manfaat Business Software bagi Perusahaan

Business software

Anda kini telah mengetahui tentang beragam jenis business software yang ada, dimana setiap perangkat memiliki kegunaan dan fungsi nya masing-masing. Tetapi seluruh perangkat lunak ini memiliki keuntungan dan manfaat yang sama. Berikut adalah beberapa manfaat dari software bisnis bagi perusahaan:

1. Menghemat biaya operasional

Dengan menggunakan perangkat ini, Anda telah mengalihkan bisnis ke sistem digital dan meninggalkan cara manual. Secara tidak langsung, hal ini tentu akan mengurangi biaya operasional dari perusahaan. Hal ini karena software akan membantu menyelesaikan dan mempercepat tugas operasional yang ada seperti perencanaan proyek, mengelola persediaan, membuat laporan keuangan, dan lainnya.

2. Menyederhanakan pekerjaan

Software akan mempermudah seluruh tugas dan pekerjaan yang ada. Sebagai contoh, ketika memiliki persediaan dalam jumlah banyak, jika perusahaan akan melakukan pengecekan secara manual, maka bisa terjadi human error. Dengan bantuan software, hal ini tentu akan terhindarkan, karena sistem akan mengatur barang persediaan menggunakan kode khusus sehingga status dari barang akan selalu diketahui.

3. Memudahkan analisis pasar dan pelanggan

Karena sistem memiliki database yang menyimpan seluruh data pelanggan, hal ini akan menguntungkan perusahaan nantinya. Hal ini karena, melalui data yang ada, sistem bisa membuat analisa dan membuat proyek seperti kabar promo, kabar maintenance server, hingga mengucapkan ulang tahun pelanggan. Dengan ini perusahaan akan terus berhubungan dengan pelanggannya.

Kesimpulan 

Penggunaan dari business software sangatlah penting untuk mempercepat proses bisnis yang perusahaan miliki. Dengan menggunakan perangkat ini, perusahaan mampu untuk mengotomatisasi proses bisnis, meningkatkan efisiensi, mempercepat pengambilan keputusan, dan meningkatkan kualitas produk atau layanan. Hal ini tentu akan memberi keuntungan seperti aktivitas perusahaan akan semakin produktif dan efektif.

Oleh karena itu, perusahaan harus mempertimbangkan penggunaan business software yang sesuai kebutuhan agar dapat mengoptimalkan potensi bisnis yang ada. Dari beberapa rekomendasi software yang telah dipaparkan, salah satu perangkat yang bisa Anda gunakan yaitu Sistem ERP milik Total. Dengan sistem ini, kegiatan operasional perusahaan seperti menyimpan informasi bisnis, memonitor dengan aplikasi manajemen aset, dan mengelola supply chain gudang dengan lebih efektif.

Picture of Ginta Anathia
Ginta Anathia

Pencarian

Artikel Lainnya

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini