Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Manfaat Aplikasi Supermarket Online untuk Mempermudah Pengelolaan Bisnis

Picture of Anatha Ginting
Aplikasi supermarket online

Supermarket merupakan sebuah marketplace yang menjual beragam produk kebutuhan sehari-hari. Produk yang supermarket jual biasanya meliputi makanan, minuman, produk perawatan pribadi, kebersihan rumah tangga, dan banyak lagi. Karena penjualan produk  dalam  jumlah banyak, supermarket harus memiliki sistem manajemen yang baik untuk mengelola persediaan. Oleh karena itu, aplikasi supermarket online cocok untuk supermarket  karena bisa memusatkan informasi dan mengelola data yang ada.

Aplikasi supermarket online memiliki banyak kegunaan, dari mengelola persediaan, membuat laporan keuangan, dan lainnya. Jika perusahaan retail tidak menggunakan aplikasi ini, maka mereka akan kesulitan mengelola data dan inventaris dengan cepat dan akurat, yang dapat menghambat produktivitas dan mempengaruhi keuntungan bisnis. Untuk mengetahui lebih mengenai aplikasi ini, simak artikel berikut.

Daftar Isi

Mengenal Aplikasi Manajemen Supermarket Berbasis Online

Aplikasi supermarket online merupakan sistem ERP yang dirancang khusus untuk membantu perusahaan retail, terutama supermarket. Fungsi dari aplikasi ini untuk mengelola berbagai aspek operasional, seperti stok barang, inventaris, keuangan, dan penjualan. Dengan aplikasi ini, perusahaan dapat mengakses informasi yang terpusat dan terintegrasi, yang memungkinkan mereka untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik dan lebih cepat. 

Aplikasi supermarket online juga bermanfaat untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan pengalaman pelanggan, yang dapat meningkatkan daya saing mereka di pasar ritel yang sangat kompetitif. Selain itu, aplikasi ini bisa membuat perusahaan untuk mengidentifikasi tren penjualan dan kebutuhan pelanggan.

Fitur-fitur Aplikasi Manajemen Supermarket Online

Aplikasi supermarket sangat berguna bagi pasar swalayan, terutama dalam membantu untuk mengelola persediaan yang ada. Berikut merupakan beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi manajemen supermarket:

1. Informasi bisnis yang akurat dan terpercaya

Ketika melangsungkan bisnis, informasi yang beredar terkait dengan persediaan, pembelian, dan penjualan merupakan informasi yang perlu untuk diketahui. Maka dari itu, dengan menggunakan aplikasi supermarket online ini, informasi secara langsung dan akurat dapat didapatkan dengan cepat. Dengan bantuan aplikasi ini, pihak manajemen bisa segera membuat keputusan bisnis.

2. Sistem promo dan reward pada aplikasi supermarket online

Dengan mengaplikasikan fitur promosi dan memberikan hadiah, hal ini dapat menarik perhatian pelanggan untuk terus menggunakan aplikasi ini. Program promo dan reward akan berlaku dalam waktu tertentu saja, sesuai dengan ketentuan yang perusahaan buat. Melalui sistem, seluruh preferensi dan pembelian dari pelanggan bisa perusahaan sesuaikan.

3. Mempermudah lacak produk dengan scan barcode

Dengan menggunakan aplikasi supermarket online, seluruh persediaan yang ada dapat sistem pantau. Persediaan yang ada dalam supermarket akan memiliki barcode unik yang hanya untuk barang tersebut. Jadi dengan bantuan aplikasi, perusahaan mampu untuk melacak dan mengatur seluruh barang yang mereka miliki secara efisien.

4. Kelola riwayat penjualan

Kesalahan dalam perhitungan ini dapat terjadi ketika memindahkan stok barang dari gudang ke toko ataupun ke tempat lainnya. Maka dari itu, dengan adanya fitur ini, pengguna dapat mengurangi terjadinya kesalahan seperti salah dalam menghitung jumlah stok barang supermarket. Hal ini karena aplikasi akan mencatat seluruh riwayat penjualan dan perpindahan barang yang ada sehingga data tersebut bisa sistem lacak.

5. Pembelian inventaris yang efektif

Melalui fitur ini, pihak supermarket bisa mengetahui kapan harus melakukan pembelian terkait dengan persediaan barang. Hal ini karena aplikasi akan memberikan notifikasi peringatan ketika persediaan supermarket sudah mulai menipis. Dengan itu, proses pembelian ini dapat membantu pihak supermarket karena bisa menghemat waktu dan proses transaksi menjadi lebih praktis.

Aplikasi supermarket online (https://store.sirclo.com/blog/aplikasi-groceries-online/)

Baca Juga:  6 Rekomendasi Aplikasi Bisnis Supermarket Terbaik untuk Bantu Kelola Toko

Mengapa Supermarket Membutuhkan Aplikasi Manajemen Berbasis Online?

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, aplikasi  supermarket online ini memberikan manfaat yang banyak bagi pihak supermarket. Aplikasi ini mampu untuk menghitung jumlah produk hingga membuat laporan. Berikut beberapa alasan perlu untuk digunakan aplikasi manajemen supermarket online:

1. Mempermudah pengelolaan barang

Melalui fitur dari aplikasi ini yang mampu melacak barang dengan menggunakan barcode akan mempermudah seluruh proses pengelolaan barang. Dengan barcode yang ada, supermarket mampu melacak keberadaan barang tersebut, baik di gudang maupun di toko. Selain itu, seluruh produk bisa ter-update secara langsung dari harga dan juga stok persediaan melalui sistem.

2. Meningkatkan keamanan data pelanggan

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh supermarket yaitu keamanan data pelanggan. Ketika melangsungkan proses transaksi, ketika pelanggan menggunakan kartu, maka data-data mereka terkait dengan kartu debit atau kredit yang ada di pihak supermarket bisa disalahgunakan oleh pihak tertentu. Dengan bantuan aplikasi ini, data pelanggan semua akan tersimpan aman dalam cloud.

3. Laporan penjualan yang akurat

Laporan penjualan jika perusahaan buat secara manual maka bisa terjadi kesalahan seperti salah perhitungan penjualan barang. Ketika menggunakan aplikasi supermarket online ini, hal ini bisa terminimalisir karena bantuan dari sistem aplikasi itu sendiri. Seluruh laporan penjualan bisa jadi secara otomatis sehingga hasil laporan akan menjadi lebih akurat. Selain lebih akurat, seluruh laporan penjualan akan jadi lebih cepat dan efisien, sehingga tidak memakan banyak waktu.

Kesimpulan 

Aplikasi supermarket online bisa berguna menjadi solusi bagi permasalahan supermarket. Melalui aplikasi ini, seluruh proses pengelolaan supermarket bisa tercatat secara otomatis kedalam sistem. Dengan bantuan dari perangkat ini, tentu akan memberikan manfaat kepada supermarket karena seluruh proses operasional akan menjadi efektif dan efisien.

Fitur-fitur unggulan dari aplikasi supermarket tersebut dimiliki oleh sistem ERP supermarket milik Total. Sistem Total sendiri mampu meningkatkan produktivitas dari pengelolaan persediaan, membantu manajemen inventaris, dan memberikan visibilitas atas laporan keuangan supermarket. Hal ini tentu berguna terutama bagi bisnis Anda baik dalam jangka waktu yang panjang maupun pendek.  

Picture of Anatha Ginting

Anatha Ginting

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!