Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Sistem POS dan Manfaatnya untuk Industri Ritel

Picture of Anatha Ginting
Sistem POS

Transaksi penjualan merupakan aktivitas inti ketika akan menjalankan suatu bisnis. Agar proses tersebut dapat terlaksana secara efisien, Anda memerlukan sistem POS (Point of Sales) yang dapat membantu Anda mengelola transaksi bisnis. Software POS sendiri sering perusahaan gunakan terutama dalam industri ritel dan supermarket mengingat kerap transaksi penjualan terjadi tiap hari operasionalnya.

Dengan bantuan software POS, seluruh proses jual-menjual bisa berjalan lebih mudah dan tidak akan memakan waktu yang lama. Ada banyak manfaat lain yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan sistem ini. Untuk mengetahui lebih lanjut akan manfaat dari software POS ini, silahkan simak artikel berikut.

 

Fitur pada Sistem POS

Software ini akan menguntungkan pelaku bisnis terutama untuk proses penjualan. Berbeda dengan mesin kasir pada umumnya, sistem POS yang merupakan perangkat lunak dengan database cloud akan lebih mudah untuk merekam seluruh aktivitas penjualan. Berikut merupakan beberapa fitur yang sistem sediakan:

 

  • Return sale

Dengan fitur ini, Anda akan lebih mudah dalam mengurus pengembalian barang yang pembeli minta. Proses pengembalian akan sistem catat secara otomatis tanpa ada detail yang terlewatkan, sehingga tidak akan timbul masalah kedepannya. Anda tidak perlu merasa khawatir akan resiko barang yang sudah dikembalikan tidak akan tercatat oleh sistem.

 

  • Loyalty and reward

Salah satu tujuan menggunakan sistem POS yaitu untuk meningkatkan retensi pelanggan. Oleh karena itu, tidak aneh jika sistem ini memiliki fitur loyalty and reward. Dengan menggunakan fitur ini, setiap pelanggan akan mendapat keuntungan yang sesuai dengan preferensi masing-masing. Dengan ini, mereka akan merasa dihargai sebagai konsumen loyal.

 

  • Multi price list

Ketika kita sedang berbelanja, seringkali terdapat beberapa produk yang sama namun memiliki harga jual yang berbeda. Hal ini biasa terjadi karena perbedaan ekonomi tiap daerah yang menyebabkan perbedaan harga tersebut. Jika toko ritel Anda juga menghadapi situasi yang sama, maka akan sulit untuk menghubungi kepala toko cabang secara individu. 

 

Anda tidak perlu untuk merasa khawatir, karena sistem POS sekarang telah menyediakan fitur multi pricelist. Dengan fitur ini, Anda bisa mengelola harga produk tiap cabang dengan otomatis, terlebih jika memiliki toko lebih dari satu cabang. Dengan itu, tidak ada toko yang terlambat menerima informasi terkait dengan perubahan harga.

 

  • Web-based interface

Sistem POS ini memiliki tampilan yang akan mudah pelanggan pahami dan tidak akan membingungkan mereka. Selain itu, Anda juga akan merasakan kemudahan dalam mengakses sistem ini karena dapat sistem akses melalui berbagai perangkat dengan syarat Anda terhubung ke internet.

 

  • Sales history

Pencatatan setiap transaksi penjualan yang terjadi tiap hari sangatlah penting agar pembukuan kas dapat Anda lakukan dengan benar. Oleh karena itu, Sistem POS memiliki fitur sales history yang berguna untuk mencatat dan mengelola riwayat transaksi toko Anda. fitur ini sudah terintegrasi dalam sistem, sehingga ketika Anda akan membuat catatan terkait penjualan, catatan tersebut akan menjadi akurat dan bisa terhindarnya human error.

 

Manfaat Sistem POS

Sistem POS

 

Sistem POS terbukti bermanfaat bagi pengusaha dalam pengembangan dan pengelolaan bisnis mereka menjadi lebih efisien. Banyak bisnis yang beralih menggunakan sistem POS karena manfaat yang akan mereka peroleh sangat besar. Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat yang akan Anda dapat ketika menggunakan sistem ini:

 

  • Meningkatkan kualitas layanan untuk pelanggan

Memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan adalah hal yang wajib bagi setiap bisnis. Dengan memberikan pelayanan baik, pelanggan akan merasa puas dan hal ini akan meningkatkan kualitas layanan serta retensi pelanggan. Pelanggan akan merasa percaya dengan toko Anda dan kembali membeli produk pada kesempatan lainnya.

 

Untuk mencapai tujuan ini, Anda bisa menggunakan sistem POS karena sistem ini menyediakan pengalaman belanja yang lebih baik bagi pelanggan. Karyawan Anda dapat membantu pelanggan mencari produk yang mereka inginkan dengan mudah dan cepat. Selain itu, sistem self-service akan tersedia sehingga pelanggan bisa mencari produk yang mereka butuhkan sendiri. Dengan demikian, Anda sudah berhasil memberikan pelayanan terbaik untuk customer.

 

  • Pelacakan inventaris di beberapa toko

Ketika bisnis Anda memiliki banyak cabang, maka akan sulit untuk melakukan pelacakan inventaris produk yang tersedia pada tiap toko. Namun, dengan menggunakan sistem POS akan mudah untuk melacak persediaan produk yang ada pada setiap toko. Anda dapat memantau setiap toko yang hampir kehabisan stok. Dengan pemantauan yang efektif, transfer barang dari satu cabang ke cabang lainnya bisa Anda lakukan untuk memastikan barang yang ada cukup.

 

  • Sistem POS membantu mengoptimalkan keamanan data pelanggan

Menjaga keamanan data pelanggan adalah prioritas utama dari seluruh pelaku bisnis. Jika data tersebut jatuh pada pihak yang salah, maka besar kemungkinan menyalahgunakan data tersebut. Namun, dengan sistem POS, Anda tidak perlu khawatir karena fitur cloud akan menyimpan data pelanggan dengan aman dan terlindung dari virus.

 

Sistem ini juga memiliki keamanan tingkat tinggi untuk mencegah kebocoran dan pencurian data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Pelanggan Anda akan merasa tenang dan percaya pada perusahaan Anda, sehingga loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda akan semakin meningkat.

 

  • Sistem POS mempermudah proses refund

Pengembalian barang ataupun dalam bentuk pengembalian uang merupakan hal yang lumrah dalam aktivitas bisnis dan transaksi nya. Beberapa faktor dapat memicu permintaan ini seperti ketidakcocokan produk dengan harapan pelanggan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk cepat memproses permintaan refund dengan baik.

 

  • Mempermudah mengelola bisnis dari mana saja

Di masa kini, mengelola bisnis dari jarak jauh tidak lagi menjadi hal yang sulit. Anda tidak perlu untuk khawatir karena tidak bisa mengelola bisnis Anda ketika sedang tidak berada di tempat kerja. Dengan bantuan sistem POS, anda bisa memantau bisnis melalui komputer dan ponsel. Dengan demikian, ketika Anda sedang pergi dan tidak berada dalam toko, hal ini tidak akan mengganggu proses bisnis.

 

  • Menyediakan laporan penjualan yang lengkap dan akurat

Menyusun laporan penjualan secara manual sudah tidak efektif pada saat ini. Sistem ataupun perangkat lunak dapat membantu menyusun laporan penjualan yang akurat dan komprehensif. Otomatisasi pencatatan ini dapat meminimalkan risiko kesalahan manusia atau kesalahan pencatatan saat memasukkan data penjualan.

 

Keuntungan Menggunakan Sistem POS

Sistem POS

 

Melihat manfaat dari menggunakan software POS, tentu banyak bisnis terutama dalam industri ritel dan supermarket yang akan menggunakan software ini. Dengan menggunakan sistem ini, seluruh kegiatan penjualan akan menjadi lebih efisien dan tidak akan terhambat. Maka tidak heran jika banyak pelaku bisnis yang menggunakan sistem ini. Berikut adalah keuntungan dari menggunakan sistem POS:

 

  • Sistem POS akan meningkatkan efisiensi bisnis

Kegiatan bisnis yang melibatkan banyak transaksi akan membutuhkan kecepatan dalam menginput data transaksi. Jika data tersebut akan Anda input secara manual, maka proses pengelolaan akan memakan banyak waktu. Namun, dengan menggunakan sistem POS, proses input data transaksi akan lebih efektif. Sistem yang bisa karyawan akses melalui komputer atau ponsel akan membantu mengelola data dengan cepat.

 

  • Sistem POS membantu mengurangi human error

Untuk menghindari kesalahan dalam mencatat data yang dapat berdampak pada hasil akhir yang buruk, penggunaan software POS sangatlah penting. Sistem ini secara otomatis akan mencatat transaksi dan mengurangi risiko terjadi human error. Dengan begitu sistem ini akan membantu meminimalisir risiko terjadi kesalahan dalam pencatatan data.

 

  • Sistem POS untuk meningkatkan kepercayaan

Software POS memiliki manfaat tidak hanya untuk pemilik bisnis, tetapi juga untuk pekerja nya. Karyawan tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk menghafal informasi produk setiap hari karena seluruh informasi sudah tersedia dalam sistem. Sehingga karyawan dapat lebih fokus untuk memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

 

Kesimpulan

Industri ritel terbukti membutuhkan sistem POS (Point of Sale) yang berguna untuk meningkatkan efisiensi proses penjualan dan transaksi bisnis. Sistem ini memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan kualitas layanan yang karyawan berikan, memudah pelacakan inventaris barang pada berbagai cabang. 

 

Untuk itu, ketika akan memilih sistem POS yang tepat, Anda harus menyesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan dari perusahaan dan bisnis yang Anda miliki. Salah satu sistem yang dapat Anda gunakan yaitu software POS milik Total. Software Total ini akan membantu seluruh proses transaksi dan penjualan dari berbagai outlet, sehingga bisa memaksimalkan performa bisnis Anda.

 

Picture of Anatha Ginting

Anatha Ginting

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!