Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Sistem Akuntansi: Pengertian, Unsur, dan Contoh Penerapannya

Picture of Vania
sistem akuntansi

Setiap perusahaan memerlukan sistem akuntansi untuk merekam dan melaporkan transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan. Software ini merupakan perangkat lunak yang membantu dalam menghasilkan laporan keuangan yang perlu untuk mengambil keputusan operasional dan keuangan yang tepat. Oleh karena itu, dalam proses akuntansi, penggunaan software akuntansi sangat penting untuk mempermudah dan mempercepat proses pencatatan transaksi keuangan.

Selain itu, meningkatkan efisiensi proses pembukuan dalam akuntansi bisa menjadi salah satu cara yang sangat membantu bagi perusahaan. Oleh karena itu, menggunakan sosftware ini, pekerjaan akuntan dapat lebih mudah dan efisien dalam mencatat transaksi dan melakukan pembukuan. Selain itu, sistem akuntansi juga memungkinkan pengguna untuk memantau kondisi keuangan perusahaan secara keseluruhan, termasuk pendapatan, saldo kas, dan aspek lainnya yang relevan.

Pengertian Sistem Akuntansi

Sistem akuntansi adalah serangkaian prosedur dan metode untuk mengumpulkan, mengklasifikasikan, meringkas, dan melaporkan informasi keuangan dan operasional di sebuah perusahaan. Selain itu, ini juga mencakup penggunaan catatan manual atau komputer untuk merekam, mengorganisir, menganalisis, dan melaporkan informasi keuangan secara tepat waktu kepada manajemen perusahaan. 

Pengertian Sistem Akuntansi Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa pengertian menurut para ahli. Sistem akuntansi ini memberikan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh pihak eksternal dan internal. 

Menurut Baridwan (2010:4) 

Software ini merujuk pada formulir, catatan, dan laporan yang digunakan untuk mengolah informasi keuangan perusahaan dengan tujuan menghasilkan laporan yang dibutuhkan oleh manajemen dengan tujuan untuk memantau kinerja perusahaan dan mengevaluasi hasil operasi untuk pihak-pihak yang berkepentingan, seperti pemegang saham, kreditur, dan pemerintah. 

Warren, Reeve, Fees (2005: 234)

Menurut Warren, Reeve, Fees, accounting system adalah metode dan prosedur untuk mengumpulkan, meringkas, dan melaporkan informasi kegiatan bisnis (operasional) dan keuangan di suatu perusahaan.

Winarto (2007:9)

Menurut Winarto, ilmu akuntansi adalah ilmu yang mempelajari perancangan dan evaluasi informasi akuntansi dalam suatu perusahaan. Sistem ini terdiri dari berbagai prosedur akuntansi yang digunakan untuk menangani transaksi perusahaan, dimulai dari pengumpulan informasi, pencatatan data dengan menggunakan dokumen yang tepat, hingga penyajian laporan data yang akurat. 

Niswonger dkk (1999:182)

Selanjutnya, pengertian menurut Niswonger dkk mengartikan sistem ini adalah suatu metode dan prosedur untuk mengklasifikasikan, mengumpulkan, dan melaporkan informasi mengenai keuangan dan operasi di perusahaan.

Keuntungan Menggunakan Sistem Akuntansi

Accounting system tentunya semakin banyak perusahaan gunakan untuk mengelola keuangan agar lebih mudah. Dengan menggunakan aplikasi ini, perusahaan akan mendapatkan keuntungan. Berikut keuntungan jika perusahaan menggunakan aplikasi akuntansi.

1. Mengurangi biaya

Keuntungan menggunakan sistem akuntansi penjualan adalah pengelolaan keuangan perusahaan yang lebih efektif dan akurat, serta kemampuan untuk menentukan kebutuhan sumber daya manusia secara lebih efisien, sehingga mengurangi biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan.

2. Menjaga data lebih aman

Aplikasi ini membantu menjaga keamanan data perusahaan terutama data keuangan. Selain itu, data keuangan perusahaan disimpan secara otomatis dalam dashboard yang aman, sehingga dapat menghindari risiko kehilangan atau pencurian data.

3. Pekerjaan jadi lebih mudah

Dengan menggunakan accounting system, pekerjaan terkait keuangan dapat diselesaikan dengan lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan cara manual. Cukup memasukkan data keuangan ke dalam sistem, dan dalam hitungan menit software akan memproses data tersebut. Oleh karena itu, hal ini menjadi mungkin karena teknologi yang terus berkembang dan meningkat dari waktu ke waktu.

4. Data keuangan yang real-time

Dengan menggunakan Sistem Akuntansi, tentunya memudahkan Anda untuk mendapatkan informasi yang ada secara real-time. Anda tidak perlu menanyakan informasi terbaru kepada karyawan Anda karena data keuangan perusahaan otomatis masuk ke dalam. Hal ini akan membuat proses bisnis menjadi lebih efektif dan efisien.

5. Pembukuan yang rapi dan terstruktur

Pembukuan adalah kegiatan penting untuk perusahaan dalam mengambil keputusan. Dengan menggunakan Software Akuntansi, Anda dapat membuat pembukuan yang rapi dan terstruktur dengan cepat misalnya pembuatan berbagai jenis dan contoh buku kas.

6. Mengurangi terjadinya human error

Sistem akuntansi dapat membantu meminimalkan kesalahan manusia dalam pencatatan keuangan, yang dapat mengakibatkan kesalahan perhitungan dan catatan. 

Contoh Sistem Akuntansi

software accounting

Dalam software akuntansi, tentunya terdapat contoh-contoh software akuntansi yang harus Anda ketahui. Terdapat tiga contoh accounting system yaitu sistem akuntansi manajemen, persediaan, dan non-profit. Berikut penjelasan lebih lanjut.  

  • Sistem akuntansi manajemen

Pertama, tujuan dari sistem akuntansi manajemen adalah memberikan informasi akuntansi kepada manajer untuk perencanaan bisnis, kontrol dan manajemen. Sistem ini berfokus menyajikan laporan keuangan untuk kepentingan pihak internal perusahaan.

  • Sistem akuntansi persediaan

Sistem akun persediaan adalah sistem yang perusahaan gunakan untuk merencanakan dan melacak tingkat persediaan. Selain itu, software ini adalah kode bar pelacakan, di mana setiap item persediaan akan ditandai dengan kode bar.

  • Sistem akuntansi non-profit

Terakhir, software akuntansi non-profit adalah sistem akuntansi untuk perusahaan nirlaba yang memiliki ciri-ciri spesifik dan persyaratan laporan. Bisanya sistem ini mengenai sistem pelacakan dana, sehingga sumbangan yang diberikan untuk tujuan tertentu dapat diketahui telah disalurkan secara benar. Sistem ini melacak pengeluaran dan perkembangan organisasi nirlaba secara efektif.  

Unsur Penting dalam Sistem Akuntansi

Sistem akuntansi penjualan berfungsi untuk mengumpulkan data, menyimpan data, memproses data, dan memberikan keputusan terbaik untuk kontrol manajemen. Dalam accounting system memiliki unsur-unsur penting didalamnya. Berikut unsur pentingnya yaitu:

1. Formulir

Formulir merupakan unsur penting dalam sistem akuntansi karena akan jadi dasar dalam pencatatan. Di dalam formulir juga terdapat data transaksi keuangan perusahaan.

2. Jurnal

Jurnal adalah contoh unsur sistem akuntansi yang dapat Anda gunakan untuk mencatat, mengelompokkan transaksi sejenis, dan meringkas data keuangan lainnya. Terdapat bentuk jurnal yang biasa perusahaan gunakan sebagai berikut:

  • Jurnal penerimaan kas
  • Jurnal pengeluaran kas
  • Jurnal pembelian
  • Jurnal penjualan
  • Jurnal umum

3. Buku besar

Buku besar biasanya terdiri dari rekening-rekening yang berfungsi untuk meringkas data keuangan yang telah perusahaan catat sebelumnya dalam jurnal. Rekening dalam buku besar dapat juga disebut sebagai tempat penggolongan data keuangan untuk menyajikan laporan keuangan.

4. Buku besar pembantu

Selanjutnya, unsur penting dalam sistem akuntansi adalah buku besar pembantu. Buku besar pembantu ini berisi rekening-rekening pembantu untuk merincikan data keuangan. Seperti mengelompokkan jenis transaksi yang terjadi di perusahaan satu dan dengan lainnya.

5. Laporan

Terakhir, unsur penting dalam sistem akuntansi adalah laporan. Laporan adalah hasil akhir dalam proses akuntansi, biasanya berupa neraca perusahaan, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan harga pokok penjualan, daftar utang, hingga daftar saldo persediaan. Anda dapat menggunakan Software Akuntansi dalam membuat laporan laba rugi perusahaan.

Kesimpulan

Sistem akuntansi adalah sistem yang perlu perusahaan terapkan untuk mempermudah kinerja dalam melakukan pencatatan dan pembukuan transaksi keuangan. Dengan menggunakan Software Akuntansi, maka perusahaan akan memperoleh efisiensi, efektivitas, dan akses yang mudah. Selain itu, sistem ini membantu perusahaan dalam menghasilkan informasi dalam laporan keuangan. 

Salah satu rekomendasi software akuntansi yang bisa Anda pakai adalah aplikasi akuntansi dari Total. Software Akuntansi Total ERP merupakan solusi terbaik untuk bisnis Anda yang dapat mempercepat proses pencatatan transaksi dan pembukuan keuangan perusahaan Anda. Selain itu, software ini dapat menghemat biaya operasional dengan pengelolaan transaksi rangkap, dan juga pembuatan keputusan cepat dengan pelaporan real-time.

 

Picture of Vania

Vania

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!